1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    16 Maret 2015 10:44

    3 Alasan Anda Harus Tidur Lebih Lama

    Anda jadi mudah marah? Coba analisa lagi istirahat Anda di malam hari.

    Feed - Hari baru dibuka dan Anda tidak berhenti menguap. Tubuh Anda pun masih terasa lelah dan mata masih sangat berat untuk dibuka. Ini merupakan pertanda Anda kekurangan istirahat di malam sebelumnya. Padahal tidur dengan cukup adalah syarat penting bagi seseorang untuk memulai harinya. Maka itu inilah tiga alasan mengapa Anda harus tidur lebih lama di malam hari.

    1. Pikiran Anda butuh ketenangan
    Sepanjang hari beraktivitas, indera manusia dibombardir dengan pemandangan, suara, dan bau. Manusia mungkin menganggap itu adalah hal
    biasa. Namun, satu-satunya cara agar otak Anda bisa memproses dan mengenali itu semua adalah dengan tidur. Terutama saat fase Rapid Eye Movement (REM). 

    via news.discovery.com

    Terlelap membuat otak Anda tidak lagi dijejali dengan segala hal yang membutuhkan kerja keras dari saraf. Jika Anda menolak untuk tidur maka kemampuan otak Anda untuk memproses informasi akan menurun. Dikatakan Dr. Robert Stickgold dari Harvard bahwa riset membuktikan tidur membantu belajar dan memori dalam dua cara berbeda. Pertama, orang yang mengalami gangguan tidur tidak akan bisa fokus secara optimal sehingga gagal belajar dengan efisien. Kedua, tidur punya peran dalam konsolidasi ingatan yang penting untuk mempelajari informasi baru.

    via blossombariatrics.blogspot.com

    2. Performa fisik Anda menurun tajam
    Dalam artikel Can Better Sleep Mean Catching Fewer Colds? yang ditulis Denise Mann di WebMD, kekurangan tidur berhubungan dengan beragam masalah mental dan fisik. Termasuk memengaruhi batang saraf yang berhubungan sistem kekebalan tubuh. Sistem inilah yang dirancang untuk melindungi kita dari flu dan ragam penyakit ringan. Saat sistem ini tidak berfungsi dengan baik, tubuh pun akan lebih banyak mengalami sakit.

    via archive.financialexpress.com

    3. Perilaku Anda jadi membaik
    Anda merasa susah mengendalikan emosi? Selalu stres dan gagal fokus? Jawabnya mungkin karena Anda kekurangan tidur optimal selama delapan jam. Studi menyebut mereka yang mendapat istirahat cukup akan mengalami perilaku lebih baik dan kadar stres yang lebih rendah.

    Meski belum ada jawaban mengapa tidur memengaruhi mood Anda, ini ada hubungannya dengan energi yang digunakan. Butuh energi besar untuk melalui aktivitas sehari-hari. Wajar jika kemudian Anda stres dan frustasi saat kekurangan energi untuk melakukannya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES