1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter :     7 Desember 2017 16:01

    Ini tips ampuh untuk hilangkan sifat pelupa

    Tidak sedikit orang muda tetapi pelupa.

    Feed.merdeka.com - Lupa merupakan salah satu sifat manusia. Paling tidak, dalam hidupnya, seseorang pernah mengalami lupa. Dulu, menjadi pelupa itu identik dengan orang yang sudah tua. Namun ternyata tidak sedikit orang muda tetapi pelupa.

    Sifat pelupa sangatlah merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berapa banyak momen serta kesempatan berharga hilang begitu saja hanya karena Anda lupa mengingatnya?

    Agar sifat buruk ini tidak berlanjut berikut, tips jitu menghilangkan lupa dari pemegang medali Kejuaraan Daya Ingat Dunia, Ed Cooke seperti dikutip dari esquire.

    Koneksikan dengan hal familiar

    Daya ingat selalu terkoneksi satu sama lain. Salah satu cara jitu agar sambungan koneksi daya ingat tetap terjalin dengan baik adalah dengan mengaitkan hal asing atau baru dengan hal sejenis yang telah familiar di otak.

    Misalnya, jika Anda menemukan jenis kopi premium baru yang lezat namun sulit menghafal namanya, maka cukup asosiasikan dengan kopi premium lain yang sejenis. Ketika Anda menyamakan persepsi antara dua jenis kopi ini, maka nama yang ingin Anda ingat akan muncul di otak dengan sendirinya.

    Fokus

    Cooke memiliki ide sederhana yang ampuh mengurangi sifat pelupa. Cara ini disebut sebagai metode radio non-metafora. Anda dapat menggunakan televisi sebagai alat bantu, yakni dengan cara mengatur waktu nyalanya selama 3 menit dan kemudian mematikannya selama satu menit. Lakukan hal in berulang selama minimal 3 repetisi sebagai bentuk latihan daya ingat.

    Belajar mengingat ulang

    Mulailah meluangkan waktu setidaknya 10 menit setiap malam untuk mengingat kembali hal-hal penting yang telah Anda jadwalkan di sepanjang hari. Menurut Cooke, cara seperti ini mampu meminimalisir risiko lupa karena biasanya akan terbawa mimpi dalam memori jangka menengah.

    Tips berikutnya =======>>>>

    Tips ampuh untuk hilangkan sifat pelupa

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES