1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     1 November 2017 08:03

    Ini tindakan yang harus Anda lakukan jika tak kunjung buang air besar

    Jika kotoran tidak dikelurkan secara rutin maka racun mengendap di tubuh.

    Feed.merdeka.com - Seberapa sering buang air besar ternyata penting bagi kesehatan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan terhadap 200 orang dewasa menunjukkan hampir separuh responden menyatakan buang besar setiap hari.

    Rutin buang air besar tiga sampai lima kali dalam sepekan merupakan ukuran ideal. Tetapi, jika kurang dari itu, maka tidak sehat. Sebab hal ini akan memicu berbagai masalah seperti kembung, kram dan sakit punggung.Tidak buang air besar selama beberapa hari adalah kondisi medis yang perlu diperhatikan.

    Tidak buang air besar itu berarti benjolan besar yang kering dan keras akan menempel di anus. Jika kotoran tidak dikelurkan secara rutin maka racun mengendap di tubuh.

    Karena itu, membersihkan sistem paling awal untuk mencegah penumpukan racun sangat dianjurkan. Jika sulit buang air besar, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasinya.

    Dikutip dari boldsky, berikut langkah yang harus Anda ambil untuk menangani masalah tersebut.

    Jika tak buang air besar beberapa hari 

    Anda perlu mengasup makanan berserat tinggi seperti apel atau buah lainnya. Makanan berserat tinggi akan membawa lebih banyak air ke usus yang memudahkan pembuangan.

    Seminggu tak buang air besar

    Anda perlu sumber osmotik yang terdapat dalam susu magnesium, yang akan menarik cairan ke usus. Namun, akibat keluarnya cairan ini, Anda harus tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.

    Tak buang air besar lebih dari seminggu

    Dalam kasus ini, Anda memerlukan obat pencahar stimulan seperti Dulcolax yang akan membantu memacu gerakan otot usus. Tetapi Anda tidak boleh bergantung pada obat ini selama lebih dari beberapa minggu, karena tubuh akan ketergantungan sehingga menyulitkan untuk buang kotoran sendiri.

    Tak buang abis besar lebih dari tiga minggu

    Ini adalah kondisi kronis. Anda harus segera ke dokter dan melakukan tes atau minum obat-obatan atau obat-obatan yang dapat membantu mengatasi masalah ini. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES