1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     15 Maret 2016 11:21

    Ini Fungsi Alat yang Tewaskan 4 Orang di RS Mintohardjo

    Alat ini bisa melancarkan peredaran darah dan membantu mengatasi beberapa penyakit.

    Feed.merdeka.com - Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jakarta, mengalami kebakaran pada Senin, 14 Maret 2016. Dari peristiwa yang disebabkan oleh korsleting listrik itu, jatuh empat korban tewas.

    Dua dari empat korban diketahui anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) bernama Sulistyo dan Irjen (Purn) Abubakar Nataprawira yang pernah menjabat Kadiv Humas Polri. Mereka tewas saat menjalani Terapi Oksigen Hiperbarik (OHB) yang ada di Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT).

    Terapi oksigen
    © 2016 feed.id/www.rsalmintohardjo.com

    Dikutip dari merdeka.com, OHB adalah suatu cara pengobatan di mana peserta terapi bernapas dengan menghirup oksigen murni (100 persen) atau pada tekanan barometer tinggi (hyperbaric chamber).

    Terapi ini merupakan terapi utama pada penyakit penyelaman dan terapi tambahan pada berbagai penyakit klinis. Seperti luka yang sulit sembuh pada penderita kencing manis, luka terinfeksi, gas gangren, infeksi tulang, luka bakar, luka pasca operasi, dan transplantasi. Selanjutnya terapi OHB ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dalam mengatasi infeksi, pembentukan cabang-cabang pembuluh darah baru untuk mengatasi penyumbatan, dan kerusakan pembuluh darah.

    Prosesnya pun tergolong sederhana. Dimulai dengan konsultasi dokter dan pemeriksaan fisik untuk menentukan ada tidaknya kontra indikasi mengikuti terapi OHB ini. Selanjutnya pasien masuk ke hyperbaric chamber yang berbentuk seperti kapal selam untuk menghirup oksigen murni. Selama mengikuti terapi, pasien akan didampingi perawat yang berpengalaman dan di bawah pengawasan dokter ahli hyperbaric.

    hyperbaric chamber
    © 2016 feed.id/www.genesispark.com

    Bahkan ada rumah sakit tertentu, seperti RSAL Mintohardjo, yang memiliki jumbo hyperbaric chamber sehingga beberapa orang sekaligus. Terapi OHB ini diklaim merupakan metode terapi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan didukung berbagai hasil penelitian (Evidence Base Medicine).

    Namun di luar dugaan, terjadi percikan api yang menyebabkan tabung oksigen di Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RSAL Mintohardjo meledak. Akibat kejadian ini, empat orang pasien yang tengah menjalani terapi tewas. "Dari pihak Puslabfor polri bersama pomal untuk olah TKP, saat ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran," ujar Kadispenal Laksma M Zainuddin, Jakarta, Senin, selepas kejadian.

    Baca juga:

    Wanita-Wanita Cantik yang Tewas Mengenaskan

    Ketulusan Wanita Tanpa Lengan Ini Bikin Terenyuh

    Video Nikita Mirzani Duet dengan Once, Guncang Lagu 'Dewa 19'

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES