1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Juandi    13 Oktober 2015 11:20

    Es Kul Kul, Camilan Jadul yang Bikin Rindu

    Es ini sudah nyaris tergerus zaman, tapi masih bertahan.

    Feed - Coba tanya kepada orangtua Anda mengenai es kul kul. Mereka yang paham pasti akan menjelaskan betapa nikmat rasa dari es jadul kreasi masyarakat Indonesia itu. Es ini berbahan dasar pisang yang kemudian dilumuri cokelat. Sebagai tambahan pemanis, bisa ditaburi kembali dengan cokelat keping, biskuit, ataupun cokelat tabur.

    Makanan jadul ini diketahui sudah jarang ditemui di mal atau bahkan pasar. Namun perlu Anda tahu bahwa es jenis ini masih ada meskipun langka. Seperti yang ditemui kru FEED.ID di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 13 Oktober 2015.

    (Es kul kul di Bogor, Jawa Barat. Foto: M.Juandi)

     

    Aan, salah satu penjaja es kul kul, dagangannya terlihat laris manis saat menjual es langka itu. Pelanggannya merentang mulai dari mulai pria dewasa, ABG, hingga anak-anak. "Saya membeli es kul kul karena makanan ini mengingatkan saya pada zaman dulu," ujar Pak Abay, salah satu pembeli.

    Kul kul memiliki banyak pilihan rasa seperti pisang, pepaya, dan melon. Cokelat yang dibalurkan memiliki cita rasa khas tanah Nusantara. "Cokelat yang dibalurkan adalah hasil dari para petani buah cokelat Bogor, sehingga rasanya berbeda dengan cokelat biasanya," begitu ujar Aan sebagai penjual.

    (Es kul kul di Bogor, Jawa Barat. Foto: M.Juandi)

    Meskipun dalam dunia inovasi makanan sudah banyak jenis es krim modern, Aan tetap bertahan menjual es kul kul. Ini karena cita rasa yang khas dan memiliki potensi untuk menjadi ikon makanan bersejarah di Indonesia. Harga sepotongnya pun cukup ramah untuk kantong, yakni sekitar Rp500 sampai Rp2.000 saja. (M.Juandi/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    Wanita, Sambutlah 7 Cokelat Paling Sehat Berikut 

    Pilu, Beginilah Penampakan Kabut Asap Indonesia dari Satelit NASA

    5 Jamu Asli Indonesia, Lebih Manjur Dari Resep Dokter

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES