1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    14 Juli 2016 08:36

    7 Trik Cerdas Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tetap Segar

    Begini cara tepat menyimpan buah dan sayuran agar lebih lama disimpan.

    Feed.merdeka.com - Pernahkan Anda menemukan buah dan sayuran tidak segar lagi di dalam lemari es? Jika ya, berarti ada yang salah dalam cara penyimpanan buah dan sayuran.

    Lalu bagaimana cara yang tepat menyimpan bahan makanan tersebut agar tetap segar? Berikut trik terbaik yang dapat Anda lakukan dalam menyimpan buah dan sayur, seperti yang dilansir brightside.

    1. Jangan mencuci buah dan sayuran

    Lebih baik jangan mencuci buah dan sayuran sebelum menyimpannya di dalam lemari. Jika ada sesuatu yang kotor menempel pada buah dan sayur lebih baik gunakan kain atau tisu kering. Mencucinya dapat membuat bahan makanan tersebut berjamur dan busuk.

    2. Buah dan sayuran lebih suka lingkungan kering

    Kelembapan hanya membuat buah dan sayur berjamur. Sebuah trik yang baik ialah Anda dapat menempatkan handuk di dalam toples atau wadah. Hal tersebut dapat mencegah bahan makanan membusuk.

    3. Menyimpan alpukat dengan benar


    Alpukat harus ditempatkan dalam kantong kertas tebal atau dibungkus dengan kertas koran, kemudian simpan pada suhu ruangan yang normal sampai matang. Setelah matang, simpan alpukat di dalam kantung plastik dan simpan di dalam lemari es.

    4. Tidak semua sayuran dapat disimpan dalam lemari es

    Paprika, mentimun, dan tomat harus disimpan pada suhu ruangan yang normal. Paprika akan kehilangan konsistensi kenyal jika disimpan di lemari es, sementara mentimun dan tomat bisa berlendir. Buah-buahan dan sayuran tidak harus disimpan dalam lemari es sampai matang.

    5. Membungkus batang pisang


    Jika pisang disimpan dalam lemari es, buah kuning ini akan cepat berubah menjadi hitam. Hal terbaik untuk membuat pisang tetap segar ialah dengan menempatkan mereka pada suhu ruangan dengan batang dibungkus menggunakan plastik pembungkus makanan.

    6. Iris dan kupas sayuran di dalam air

    Sayuran akan benar-benar segar jika diiris dan dikupas terlebih dahulu sebelum memasukannya ke dalam lemari es. Dan, jangan lupa tempatkan sayuran di dalam wadah dengan sedikit air.

    7. Menyimpan apel bersama kentang



    Jika menempatkan satu atau dua apel dengan kentang, maka keduanya akan tetap segar lebih lama.

    Baca juga:

    Singkirkan Pestisida dari Buah dan Sayuran dengan Cara Ini

    Trik Paling Sederhana Agar Anak Suka Sayuran

    Tips Facial Sayuran Murah-Meriah di Rumah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES