1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    13 Juli 2016 09:08

    Siapa Bilang Gigit Kuku Itu Jorok? Gigit Kuku Itu Sehat Kok!

    Ternyata dampak menggigit kuku tidaklah seburuk itu.

    Feed.merdeka.com - Bagi Anda yang memiliki kebiasan menggigit kuku, ternyata terdapat hal positif dari kebiasaan tersebut. Faktanya, mengigit kuku memiliki manfaat kesehatan.

    Demikian hasil penelitian yang dilakukan peneliti asal Selandia Baru dan Kanada yang diterbitkan dalam jurnal Pediateics. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan mengigit kuku bisa menurunkan risiko terkena beberapa jenis alergi, seperti alergi gigitan serangga dan hewan peliharaan.

    Para peneliti mengikuti perkembangan kelompok sekitar 1.000 orang sejak kelahiran hingga usia 32 tahun dan menguji mereka secara berkala mengenai hubungan mereka dengan reaksi alergi. Secara mengejutkan, orang dewasa yang dulunya memiliki kebiasaan menggigit kuku waktu kecil tidak rentan terhadap alergi, dibanding orang dewasa yang dulunya tak punya kebiasaan menggigit kuku.

    Hasilnya, anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol punya risiko kecil hingga 40 persen mengalami tes alergi saat dewasa. Jika punya kedua kebiasaan buruk ini, risikonya turun 31 persen.

    Penemuan ini didukung dengan hipotesis tingkat kebersihan dan interaksi yang mungkin terjadi seperti misalnya infeksi bakteri, virus, dan sumber alergi. Mikroba-mikroba ini bisa masuk ke tubuh dan membentuk populasi di dalam tubuh yang justru mengajari sistem imun tubuh untuk lebih kuat, mempertahankan diri, dan terbiasa dengan bakteri atau virus tersebut.

    Jadi, ketika tubuh benar-benar diserang bakteri sejenis yang lebih kuat tubuh bisa mempertahankan diri dan melawan bakteri, virus dan sumber alergi tersebut. Demikian seperti yang dilansir vemale.com.

    Baca juga:

    Menebak Kepribadian Para Pengigit Kuku

    Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

    Cara Mudah Putihkan Kuku dengan Bahan Alami

    Tips Agar Cat Kuku Tidak Cepat Mengering

    Hilangkan Jamur Kuku dengan Bahan Sederhana Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES