1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    25 Mei 2015 13:50

    Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

    Kebiasaan ini punya efek berbahaya bagi kesehatan.

    Feed - Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku jari. Biasanya, mereka akan menggigiti kuku sampai benar-benar menjadi pendek. Bahkan sebagian dari mereka menggigiti kukunya sangat dalam yang menyebabkan rasa nyeri atau mengeluarkan sedikit darah.

    Sulit untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Padahal, secara medis kebiasaan ini punya efek berbahaya bagi kesehatan. Berikut penjelasannya seperti dilansir boldsky.com.

    1. Infeksi bakteri

    via almanac.com

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada dua kali lipat bakteri yang menempel pada kuku. Bahkan, jika Anda mencuci tangan, bakteri masih tetap tinggal di kuku Anda. Ketika Anda menggigitinya, bakteri yang menumpuk akan dengan mudah masuk ke dalam mulut Anda dan menyebabkan infeksi bakteri.

    2. Infeksi kuku

    via hypnolight.co.uk

    Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan lecet dan luka pada daerah kuku. Hal itu bisa akan memudahkan bakteri untuk menempel dan berkembang biak. Bakteri akan masuk melalui luka ke dalam darah yang akan berdampak pada infeksi kuku dan infeksi darah.

    3. Kutil

    via ruelala.com

    Seseorang yang punya kebiasaan menggigit kuku akan lebih rentan untuk terkena penyakit kulit seperti kutil di sekitar kuku jari. Hal itu bisa terjadi karena infeksi virus yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ketika seseorang menggigit kuku, infeksi dari kutil ditransmisikan ke mulut, dan kemudian berkembang ke bagian tubuh lainnya.

    4. Kualitas hidup menurun

    via theguardian.com

    Orang yang punya kebiasaan menggigit kuku memiliki kualitas hidup yang buruk. Mereka biasanya punya kecenderungan mudah stres karena selalu berusaha untuk melawan kebiasaan ini.

    Baca juga: Melihat Kepribadian dari Bentuk Kuku

    Bentuk Kuku Menandakan Kesehatan Seseorang

    Konsumsi 2 Makanan Ini Agar Kuku dan Rambut Sehat

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES