1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    19 Juli 2017 07:33

    Bukan sekadar gen, ini sebab uban terlalu dini tumbuh di rambut anda

    Hal tersebut tentu mengganggu penampilan anda.

    Feed.merdeka.com - Uban atau rambut putih biasanya tumbuh pada orang-orang yang memasuki usia lanjut. Biasanya uban mulai tumbuh ketika memasuki usia 50-an.

    Namun tak jarang uban juga tumbuh pada usia-usia muda. Hal tersebut tentu mengganggu penampilan anda.

    Banyak hal yang menyebabkan uban tumbuh pada usia muda. Meskipun banyak yang menyakini uban yang tumbuh di rambut kaum muda lebih karena faktor gen.

    Dari penelusuran merdeka.com, ada sebab lain yang menyebabkan uban tumbuh lebih cepat. Berikut ini beberapa sebab lainnya:

    1. Faktor stres

    Kehidupan dengan tingkat stress yang tinggi tidak hanya mengganggu kesehatan anda saja. Banyak dampak lain yang muncul akibat stress. Salah satunya uban lebih cepat tumbuh.

    Stress menyebabkan terhambatnya produksi melanin yang merupakn pigmen alami pewarna rambut. Jika terhambat, otomatis sel melanosit yang dihasilkan oleh melanin tidak terproduksi dengan jumlah yang baik. Sehingga warna alami pada rambut terhambat. Atau sebab lainnya, kurangnya asupan oksigen yang diterima batang rambut.

    Karena itu sebaiknya hindarilah stres. Jagalah keseimbangan antara kerja dan istirahat, sehingga pikiran tenang dan produksi sel melanosit tetap terjaga dengan baik dan tumbuhnya uban akan terhindar.

    2. Faktor gizi buruk

    Apa yang kita konsumsi akan menjadi bagian dari tubuh kita. Artinya, semakin baik makanan yang kita makan, maka semakin baik manfaatnya untuk tubuh.

    Namun sebaliknya, semakin buruk kualitas makanan kita, tentu yang tersalur ke tubuh tidak sehat. Jika sudah demikian, beberapa bagian tubuh tidak mendapatkan asupan gizi yang baik.

    Salah satunya akar-akar pada kulit kepala. Buruknya gizi akan berdampak pada pertumbuhan rambut anda. Dampak paling parah selain kerontokan adalah tumbuhnya uban di usia anda yang masih muda.

    Selain soal gizi, gangguan pencernaan juga memberikan efek buruk pada pertumbuhan rambut anda. Maka itu pastikan makanan bergizi yang anda konsumsi juga membantu memperlancar pencernaan anda.

    Untuk menghilangkannya, belum ada cara khusus. Namun menggunakan pewarna rambut bisa jadi salah satu alternatif, agar uban-uban pada rambut bisa ditutupi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES