1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Lia Harahap    17 Juli 2017 07:32

    Ini sebab kulit pada pangkal paha berwarna kusam dan hitam

    Tubuh sempurna adalah impian setiap manusia. Utamanya kaum hawa. Setiap lekuk tubuh berharap mulus tanpa ada cacat.

    Feed.merdeka.com - Tubuh sempurna adalah impian setiap manusia. Utamanya kaum hawa. Setiap lekuk tubuh berharap mulus tanpa ada cacat.

    Namun, mimpi itu terkadang tak selalu jadi kenyataan. Ada saja bagian tubuh manusia yang sering sekali kusam, seperti bagian siku, tumit kaki, bahkan yang tersembunyi seperti pangkal paha.

    Warnanya yang hitam atau kasar pada bagian kulit sering kali membuat seseorang tidak nyaman. Perawatan intensif menjadi solusi untuk memperbaikinnya. Lalu apa yang menyebabkan bagian pangkal paha kusam meski selalu tertutup?

    Dari sejumlah penelusuran, ternyata banyak hal yang membuat pangkal paha menjadi hitam.

    1. Karena pakaian terlalu ketat

    Seiring dengan perkembangan zaman, mode fashion terus berganti.
    Mulai dari baju hingga celana.

    Saat ini, banyak sekali produk pakaian yang modelnya ngepas dengan tubuh si pemakai. Meski sebagian orang merasa nyaman memakainya, ternyata tak baik untuk kulit pangkal paha anda.

    Celana ketat akan membuat kulit pada bagian pangkal paha menjadi hitam

    2. Karena lembab

    Pangkal paha adalah bagian tubuh yang paling minim terkena udara luar. Pangkal paha justru sangat tertutup hingga mudah berkeringat.

    Kondisi tersebut membuat pangkal paha menjadi lembab dan sering menimbulkan gatal. Proses menggaruk yang dilakukan itulah yang kemudian membuat warna paha menjadi kusam bahkan hitam.

    Apalagi bila sampai terjangkit jamur, maka kondisi pangkal paha semakin tidak sehat.

    3. Karena kegemukan

    Tubuh gemuk membuat bagian tubuh sering kali saling beradu. Seperti pangkal paha yang akan beradu ketika dua kaki digerakkan.

    Keadaan ini lama kelamaan akan membuat pangkal paha hitam karena sering bergesekan. Apalagi jika kalian senang memakai rok.

    4. Faktor usia

    Usia seseorang juga menentukan bagaimana perkembangan tubuhnya. Salah satunya yang akan berubah adalah proses pigmentasi yang semakin meningkat.

    Jika sudah demikian, biasanya beberapa bagian tubuh akan terjadi perubahan. Utamanya pada kondisi kulit. Jika sebelumnya mulus, bisa jadi berkerut. Ataupun, jika sebelumnya cerah menjadi kusam bahkan hitam.

    Apalagi untuk daerah yang lembab dan sering bergesekan.

    Meski banyak penyebabnya, tak perlu resah untuk mengatasinya. Bahan-bahan alami ini bisa membantu anda mengurangi kulit kusam di pangkal paha.

    1. Menggunakan Lemon

    Jeruk nipis dan lemon bisa menjadi bahan alami mencerahkan kembali pangkal paha anda. Caranya, gunakan sari lemon dingin dan bulir jeruknya untuk dibasuhkan pada area yang diinginkan. Sambil ditepuk perlahan selama beberapa detik, kemudian diamkan sejenak. Kemudian gunakan lagi bulir jeruk lemon dan sarinya untuk melakukan scrubbing di area tersebut.

    Lakukan dengan perlahan karena area ini cukup sensitif. Anda bisa melakukan perawatan ini seminggu 1-2 kali. Hindari area kewanitaan karena air lemon bersifat asam.

    2. Menggunakan Air Tawas

    Anda juga bisa memanfaatkan tawas untuk mencerahkan kembali area kulit yang menghitam. Larutkan tawas dalam air hangat, kemudian benamkan handuk di dalamnya. Gunakan handuk tersebut untuk kompresan pada area yang kehitaman. Anda juga bisa menggosok handuk tersebut dengan lembut ke area yang diinginkan. Biasanya hasilnya akan terlihat setelah 2 minggu.

    Yang Dilakukan Selama Perawatan

    Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama perawatan di atas. Di antaranya adalah jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gesekan pakaian ini bisa mempengaruhi hasil perawatan. Sementara Anda menggunakan perawatan ini, hindari penggunaan krim pemutih dengan bahan kimia. Hal ini mengurangi resiko alergi dan iritasi.

    Bila kulit Anda mengalami alergi, segera hentikan perawatan dan periksakan ke dokter.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES