1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    17 Juli 2017 06:30

    3 Gelas kopi sehari tenyata bisa bikin umur panjang

    Temuan yang dilakukan sebuah universitas dan lembaga antikanker ini cukup menggemparkan.

    Feed.merdeka.com - Sering kali orang-orang menyebut kopi bisa berbahaya. Apalagi para ahli dari AS dan Eropa mengaku tidak menemukan korelasi hidup panjang yang disebutkan para pecandu dan penggemar kopi.

    Sebaliknya, Badan Internasional untuk Menelitian Kanker (IARC) dan Imperial College London memiliki euan yang berbeda. Setelah meneliti setengah juta orang di 10 negara Eropa, dua lembaga ini menemukan orang yang minum 3 cangkir kopu ternyata memiliki hidup lebih panjang dari non-peminum kopi.

    "Kami menemukan di mana tingginya konsumsi kopi berkorelasi dengan rendahnya risiko kematian dari penyebab apapun, khususnya penyakit peredaran darah dan pencernaan," ujar Marc Gunter dari IARC, Sebelumnya berasal dari Imperial's School of Public Health.

    Penelitiuan berikutnya melibatkan 180 ribu partisipan dengan berbagai macam latar belakan etnis di Amerika Serikat. Dari sana ditemukan juga rahasia berumur panjang dari kopi mengandung kafein atau tidak berkafein.

    Peminum kopi memiliki risiko kematian rendah yang diakibatkan penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, pernapasan dan ginjal. Sedangkan orang yang meminum satu cangkir hanya 12 persen lebih sedikit meninggal dunia dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi.

    Peminum dua sampai tiga cangkir sehari terlihat 18 persen mengurangi risiko kematian yang disebabkan penyakit-penyakit di atas.

    "Kami tidak bisa mengatakan kopi akan memperpanjang hidup anda, tetapi kami melihat korelasinya," kata pemimpin penelitian Veronica Setiawan, pembantu profesor dalam pengobatan pencegahan dari Keck School of Medicine of University of Southern California.

    "Jika anda doyan meminum kopi, minum terus! Jika anda bukan peminum kopi, mungkin anda harus mempertimbangkan kapan memulainya."

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES