1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    25 Mei 2017 09:33

    Bahaya angin duduk, segera atasi jangan terlambat

    Saat anda merasa masuk angin yang jadi terjadi adalah gangguan pada jantung akibat berkurangnya oksigen dan menurunnya aliran darah dalam tubuh.

    Feed.merdeka.com - Angin duduk atau Angina (Angina Pectoris) merupakan penyakit yang paling sering dikeluhkan masyarakat Indonesia. Saat merasakan masuk angin, perut seperti kembung dan badan pegal.

    Masuk angin tidak bisa dianggap sepele. Apalagi bila dirasakan beberapa hari sampai menggangu aktivitas saat duduk atau familiar dengan sebutan angin duduk. Apa sebab seseorang terkena angin duduk?

    Mitos di masyarakat menyebut angin duduk disebabkan terlalu banyak duduk di semen tanpa alasan. Sebab lainnya mengatakan, angin duduk disebabkan angin terlalu banyak terperangkap di dalam tubuh.

    Sebenarnya, saat anda merasa masuk angin yang jadi terjadi adalah gangguan pada jantung akibat berkurangnya oksigen dan menurunnya aliran darah dalam tubuh. Sehingga menimbulkan sesak, nyeri, mual, pusing, dan bahkan mati rasa. Lebih membahayakan lagi, angin duduk bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

    Perlu penanganan cepat bila seseorang mengeluhkan tubuhnya mengalami nyeri dan sakit. Namun tetap tidak boleh panik, ikuti cara ini?

    Hal yang paling mudah dilakukan dengan, rebahkan tubuh anda. Kemudian oleskan minyak angin pada perut, dada, pinggang, dan punggung. Oleh beberapa kali dengan jumlah agak banyak. Lalu ambil dua botol an isis dengan air hangat. Satu botol diletakkan di bagian ulu hati atau bagian perut depan tempat angin duduk dirasakan. Sedangkan botol kedua diletakkan pada telapak kaki.

    Agar tubuh lebih hangat, pakailah jaket tebal atau selimut. Biasanya, dalam keadaan tertutup tersebut tubuh akan mengeluarkan keringat dingin diikuti buang angin alias kentut.

    Cara lain yang bisa dicoba dengan mengonsumsi obat yang mengandung nitroglycerin. Zat tersebut sangat baik untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

    Jika sulit mendapatkan bisa mengganti dengan obat Antiplatelet (sel pembeku darah) untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi. Obat Antiplatelet yang paling murah dan paling umum dijual adalah Aspirin. Selain membantu untuk melonggarkan penyumbatan, aspirin juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri yang terjadi.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES