1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Zika    1 April 2015 17:00

    Aneka Foto Palsu yang Sempat Gegarkan Dunia

    Jangan tertipu dulu, ini hanyalah foto rekayasa belaka.

    Feed - Hari ini, 1 April, diperingati warga di belahan dunia Barat sebagai April Fool --hari di mana Anda bisa melakukan tipuan dan lelucon pada orang lain. Lelucon dan korbannya disebut sebagai April Fools. Seiring majunya teknologi, April Fools merambah dunia maya. Para pelakunya menyebarkan cerita, foto, dan video yang tidak nyata namun sempat mengegarkan masyarakat dunia. Berikut di antaranya seperti dikutip dari berbagai sumber.

    via List Verse

    Bigfoot
    Foto bigfoot legendaris ini diambil oleh Roger Patterson dan rekannya, Robert Grimlin. Mereka mengklaim foto ini asli dan diambil ketika tengah berkuda di Hutan Nasional Six Rivers, AS. Namun, penyidikan lebih dalam menyebut bahwa ini adalah foto palsu setelah ada beberapa orang yang mengaku terlibat dalam pembuatannya. Salah satunya mengaku menggunakan baju gorila dan berjalan di depan kamera.

    via List Verse

    Peri taman
    Dua gadis kecil membuat gempar ketika berhasil memotret peri taman di tahun 1917. Bukti foto ini membuat semua orang terpana dan percaya, salah satunya penulis buku serial 'Sherlock Holmes', Sir Arthur Conan Doyle. Namun, memasuki usia 70 tahun, kedua gadis ini mengakui bahwa foto itu adalah palsu karena peri-peri tersebut dibuat dari kardus dan diletakkan sedemikian rupa agar nampak nyata.

    via List Verse

    Hantu gadis kecil
    Tony O’Rahilly mengambil foto balai kota Shropshire yang terbakar di tahun 1995. Ketika hasil fotonya dicetak, ia terhenyak dengan kehadiran gadis kecil di tengah pintu masuk. Padahal saat foto itu diambil, tidak ada siapa pun di sana. Rumor merebak bahwa itu adalah hantu gadis yang tewas ketika kebakaran terjadi di tempat yang sama di tahun 1677.

    Berselang beberapa tahun, terkuak bahwa itu hanyalah tipuan foto akibat exposure ganda. Foto gadis itu dimasukkan ke dalam foto O’Rahilly sehingga nampak dalam satu bingkai yang sama.

    via www.youtube.com

    Hiu menyerang helikopter
    Foto ini membuat mata terpana karena tersebar lewat dunia maya sebagai foto terbaik versi National Geographic tahun 2001. Nyatanya, ini adalah dua foto berbeda yang digabung dalam satu bingkai lewat kecanggihan teknologi. Helikopter dan tim penyelamat di dalamnya adalah nyata dan diambil oleh Lance Cheung saat latihan militer di San Francisco, AS. Sedangkan hiu yang siap menerkam diambil oleh Charles Maxwell, di Teluk False, Afrika Selatan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES