1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    8 Januari 2016 15:53

    7 Aturan Makan Ini Adalah Rahasia Panjang Umur

    Kuatkan niat untuk hidup sehat dan konsistenlah pada tujuh aturan makan berikut.

    Feed.merdeka.com - Kondisi tubuh sehat dan panjang umur menjadi idaman nyaris semua manusia. Hanya saja, untuk bisa mencapainya bukanlah hal mudah. Penyakit, gaya hidup, dan polusi bisa menjadi penghalang untuk mencapai titik idaman itu.

    Padahal untuk bisa mencapai usia yang panjang tidaklah sulit. Asal kuatkan niat dan konsisten pada tujuh aturan makan berikut seperti yang dilansir dari Health Today.com.

    1. Minum air sebelum dan sesudah makan
    Minum sebelum makan akan mencegah Anda makan secara berlebih. Sedangkan asupan air setelah makan akan melancarkan pencernaan dan melegakan pernapasan. Cobalah dari sekarang minum air sekitar 30 menit sebelum makan dan hindari makanan yang mengandung kandungan air berlebih.

    2. Kombinasi makanan yang tepat
    Agar tubuh mendapat asupan nutrisi yang tepat, atur jenis makanan Anda dengan kombinasi yang tepat. Seperti menghindari makan buah ketika perut kenyang karena akan menaikkan gula darah. Bila ini Anda lakukan dengan baik, organ pencernaan akan bekerja dengan ideal dan tubuh menyerap nutrisi dengan efektif.

    3. Makan dalam kondisi santai
    Makan dengan kondisi santai tanpa ada gangguan televisi dan internet akan meningkatkan kualitas hidup. Anda akan lebih menghargai makanan, lingkungan, dan orang yang makan bersama Anda. Ini akhirnya akan melesatkan tingkat kebahagiaan dan kualitas hidup seseorang.

    4. Makan dalam porsi tepat
    Makan hanya untuk memuaskan, bukan mengenyangkan, adalah cara makan yang sehat untuk pencernaan. Sebab, makan dalam porsi besar akan menyerap banyak energi dari tubuh. Itulah mengapa mereka yang habis makan besar akan merasa lelah, energinya terkuras, dan mood pun turun.

    5. Makan makanan organik
    Dunia modern menghasilkan banyak makanan cepat saji yang tidak menyehatkan tubuh. Untuk mengakalinya, mulai sekarang hindari jenis makanan ini dan pilih makanan organik yang bebas pestisida, sehat, dan alami.

    6. Tentukan lamanya waktu makan
    Tentukan tenggat waktu untuk mengonsumsi makanan Anda. Ingat, makanan yang sehat adalah dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan. Cukup untuk memuaskan tapi tidak harus mengenyangkan. Tenggat waktu akan membuat waktu Anda efektif, asupan nutrisi pun menyehatkan untuk tubuh.

    7. Tambahkan suplemen
    Meski sudah berusaha sekuat apapun, masih ada beberapa orang yang sulit mencapai jumlah ideal vitamin dan mineral untuk tubuh. Untuk itulah dibutuhkan tambahan suplemen agar bisa mencukupi jumlah yang dibutuhkan. Teliti jenis suplemen yang dibutuhkan tubuh. Bila perlu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

    Baca juga:

    Resep Diet Super, Ampuh Susutkan 2 Kg dalam Sehari

    Ini dia Jenis Hormon yang Bikin Anda Susah Kurus

    Diet Pisang Ini Tumpas 18 Kg dari Tubuh, Berani Melakukannya?

    Tips Diet Ini Akan Mencabut Nyawa Anda

    Ingin Kurus? Jangan Lakukan Tiga Hal Ini Saat Malam Hari!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES