1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Indra    6 Januari 2015 12:15

    5 Kebiasaan Posisi Tubuh yang Berbahaya

    Biasanya gerakan atau posisi tubuh ini cukup berbahaya bagi punggung dan berakibat nyeri otot atau otot tegang.

    Feed - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, seluruh anggota tubuh pastinya selalau bergerak. Namun secara tidak sadar gerakan atau kebiasaan tubuh yang dilakukan ternyata dapat membahayakan tubuh.

    Bersender misalnya. Kebiasaan itu sangat nyaman dilakukan. Tapi siapa sangka, meski kelihatannya remeh tapi bila gerakan itu sering dilakukan maka berdampak negatif. 

    Biasanya gerakan atau posisi tubuh ini cukup berbahaya bagi punggung dan berakibat nyeri otot atau otot tegang. Berikut paparannya.

    1. Menggunakan mouse atau mouse pad

    Ternyata bekerja seharian di depan komputer tidak hanya menimbuklakn efek pada mata saja. Menggunakan mouse yang menjadi hal wajib untuk mengakses komputer, ternyata memiliki dampak yang negatif bagi tubuh kita.

    Benda berbentuk oval warna-warni ini dinyatakan berbahaya karena pancaran Optical Mouse, yang bekerja dengan memancarkan gelombang elektronagnetik frekuensi tinggi.

    Akibatnya banyak ditemukan kasus ditemukan kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi. Baca selengkapnya di sini.

    2. Bantal terlalu banyak

    Hampir setiap orang pastinya membuntuh bantal untuk tidur. Demi kenyamanan dan membuat tidur terasa lebih lelap.

    Namun rasanya hal itu perlu diperhatikan lagi, faktanya tidur menggunakan bantal terlebih dengan jumlah yang banyak memiliki dampak negatif bagi kesahatan.

    Karena bantal yang tersusun dibawah kepala akan membuat leher dan pundak berada dalam posisi melengkung dalam waktu yang lama, akibatnya otot akan tegang. Baca selengkapnya di sini.

    3. Mencondongkan kepala ke depan

    Mencondongkan kepala ke depan biasanya dilakukan seseorang ketika ingin melihat sesuatu yang lebih jelas di depan. Gerakan tubuh seperti ini yang dipikir sederhana ternyata dapat mengakibatkan otot leher tegang.

    Sedangkan seharusnya otot dibuat rileks dan sejajar dengan bahu. Hal seperti ini akan berdampak fatal yang menyebabkan otot stres pada bagian leher dan pundak. Baca selengkapnya di sini.

    4. Menyender dalam posisi merosot

    Kebiasaan sederhana seperti ini hampir dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya gerakan menyender dalam posisi merosot dapat membuat badan terasa relaks sejenak.

    Namun jika melakukan gerakan seperti ini secara berulang kali, akan mengakibatkan tulang belakang membengkok dan butuh disangga dengan baik.

    Jika tidak diantisipasi dengan cara seperti itu, tulang belakang akan terasa nyeri dan bisa menjalar hingga kaki. Maka biasakanlah duduk dengan posisi yang baik agar membentuk tulang belakang dengan sempurna. Baca selengkapnya di sini.

    5. Duduk dengan posisi kaki tak menyentuh lantai

    Sama halnya dengan poin sebelumnya, gaya duduk posisi kaki tidak menyentuh lantai juga berbahaya bagi tubuh, khususnya pada otot kaki.

    Duduk dalam posisi kaki yang menggantung akan menyebabkan otot kaki menjadi tegang, dan perlu diketahui, kebiasaan tersebut menjadi salah satu penyebab varises dan kaki bengkak. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES