1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    25 Januari 2016 18:15

    Ternyata Membersihkan Kaki Paling Tepat Adalah dengan 10 Cara Ini

    Sama seperti wajah, kaki juga perlu dirawat dan dibersihkan setelah beraktivitas seharian.

    Feed.merdeka.com - Kaki adalah salah satu bagian pada tubuh yang penting, tapi banyak orang yang alpa akan hal tersebut. Sama seperti wajah, kaki juga perlu dirawat dan dibersihkan setelah beraktivitas seharian.

    Jika Anda tidak menjaga kesehatan kaki, banyak hal buruk yang akan terjadi seperti lecet, bau kaki, kulit kasar, atau iritasi. Untuk itu Anda perlu melakukan sepuluh langkah merawat kaki seperti yang dilansir dari boldsky.com berikut ini.

    1. Jaga kaki tetap bersih


    Untuk merawat kaki Anda secara teratur, Anda bisa merendam kaki dalam air sabun, kemudian gosok dengan spons. Proses ini tidak hanya membersihkan kaki, juga menenagkan saraf dan membuat kaki terbebas dari kuman.

    2. Biarkan kaki kering


    Kebanyakan orang akan melakukan hal ini ketika mencuci kaki di kamar mandi. Mereka hanya membiarkan air membasahi kaki tanpa menggosoknya, padahal itu bisa membuat jamur tetap menempel di kaki.

    3. Gunakan kaus kaki yang tepat


    Setiap kaus kaki yang berbahan sintetis tidak akan menyerap keringat dan akan membuat kaki menjadi bau. Untuk itu gunakan kaus kaki yang berbakan katun atau yang terbuat dari wol yang nyaman dan bisa membiarkan kaki tetap bernapas.

    4. Pilih sepatu yang tepat


    Anda harus memilih sepatu yang nyaman dan pas. Jika merasa kaki bau, Anda bisa menyemprotkan deodoran atau bedak aromatik sebelum menggunakan sepatu. Penting pula untuk menyimpan sepatu di tempat kering dan di bawah sinar matahari untuk menghentikan tumbuhnya bakteri.

    5. Gunakan batu apung


    Pengendapan kotoran dan sel kulit mati dapat membuat kulit kaki menjadi keras dan kasar. Hal tersebut akan memicu kaki pecah-pecah yang jika dibiarkan akan mengeluarkan darah juga.

    Anda bisa merendam kaki pada larutan air garam kemudian gosok menggunakan batu apung. Utamakan untuk menggosok daerah tumit dan jari kaki.

    6. Potong kuku


    Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kaki yaitu memotong kuku. Jika Anda membiarkan kuku memanjang malah akan membuat kotoran tersimpan pada sudut jari-jari kaki dan membuatnya terasa sakit. Anda harus rajin memotong kuku dan membersihkan bahian sudut kuku secara teratur.

    7. Menjaga kulit ari


    Pijat kulit kaki dan kuku, rendam selama lima menit dalam air hangat. Setelah dikeringkan Anda bisa menggosok kulit ari dengan cotton buds agar membuatnya kembali lembut.

    8. Lembapkan kaki Anda


    Anda perlu melembapkan kaki dengan cara membuat campuran air mawar dan madu untuk mengoleskannya pada kaki. Diamkan selama sepuluh menit untuk mendapatkan kaki yang berkilau.

    9. Mengobati luka


    Ketika kaki terluka Anda harus membalutnya dengan perban yang bersih agar tidak terjadi infeksi. Jangan lupa untu mengganti perban dua kali sehari untuk menghindari infeksi menyebar ke bagian lain.

    10. Beristirahat


    Cara ini yang paling mudah untuk merawat kaki Anda. Bertumpu pada kaki akan membuatnya terasa lelah, mati rasa, bengkak, nyeri pada tumit, bahkan nyeri punggung. Jadi ketika mendapat waktu luang, Anda bisa duduk dan angkat kaki ke atas untuk melancarkan peredaran darah.

    Baca juga:

    Bau Kaki? Sudah Saatnya Anda Membaca Cara Pencegahannya Ini

    Trik Mengobati Luka Akibat Mencukur Bulu Kaki

    Tips Hilangkan Kaki Kapalan dan Pecah-Pecah dalam 10 Hari

    Lakukan Tes Ini untuk Tahu Kaki Sehat atau Tidak

    6 Manfaat Penting Memijat Kaki 10 Menit Sebelum Tidur

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES