1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    14 Desember 2015 14:25

    Lakukan Tes Ini untuk Tahu Kaki Sehat atau Tidak

    Beberapa langkah ini bisa menjadi cermin apakah ada kesehatan kaki Anda terganggu atau tidak.

    Feed - Kaki merupakan salah satu organ yang bekerja sangat aktif setiap harinya. Bahkan, kaki mampu memberitahu masalah kesehatan yang ada dalam tubuh Anda.

    Cherise Dyal, MD, asisten profesor operasi ortopedi di Albert Einstein College of Medicine di Bronx, New York, Amerika Serikat, mencoba memaparkan beberapa langkah untuk mengetahui apakah ada kesehatan kaki Anda terganggu. Berikut ulasannya seperti dikutip prevention.com.

    Kulit

    via nhs.uk

    Jika Anda menemukan lepuhan atau bercak merah di kulit kaki Anda, maka sebaiknya Anda membeli sepatu yang pas panjang dan lebarnya sesuai dengan kaki Anda. Dan, memotong kuku secara lurus untuk mencegah kuku yang tumbuh ke dalam.

    Sirkulasi darah

    via active.com

    Tekan kuku jempol kaki  Anda sampai warnanya memucat, kemudian lepaskan. Setelah itu cermati, berapa lama waktu yang diperlukan agar warnanya kembali kemerahan. Jika dibutuhkan lebih dari lima detik, Anda mungkin memiliki masalah dengan sirkulasi darah.

    Selain itu, bila jari-jari kaki Anda tidak berwarna merah muda, melainkan merah pekat, ungu, atau biru, itu dapat mengindikasikan infeksi, cedera, atau masalah aliran darah. Yang harus Anda lakukan adalah temui dokter segera untuk mendapatkan diagnosa kondisi kesehatan yang tepat bila keanehan berlangsung lama.

    Fleksibilitas

    via cumul.ch

    Jika Anda tidak mampu mengambil handuk kecil dan kerikil dengan jari-jari kaki Anda itu menandakan adanya gangguan pada fleksibilitas kaki Anda. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memijat kaki dan jari-jari kaki dengan lembut setiap hari. Berlatih mengambil handuk dan kerikil seperti di atas setidaknya satu hari dua kali. (Anisha Saktian)

    Baca juga:

    Efek Luar Biasa Memijat Kaki Sebelum Tidur

    Resep Sederhana Atasi Insomnia: Keluarkan Kaki Dari Selimut

    Mengejutkan, Sisa Usia Anda Bisa Terlihat dari Ukuran Kaki

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES