1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    25 Januari 2016 15:44

    5 Pengobatan Rumah untuk Usir Flu

    Lima cara ini efektif dan aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

    Feed.merdeka.com - Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita manusia. Meski dianggap sakit ringan, sakit flu sangatlah mengganggu. Anda tentu sudah pernah merasakan hidung yang tak berhenti meler, kepala pusing, dan suhu tubuh yang meningkat.

    Tips berikut bisa membantu Anda menyingkirkan flu dengan cepat. Meski panduannya terlihat sederhana, lima cara ini efektif dan aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

    1. Makan makanan pedas dan hangat
    Makanan seperti cabai, jahe, bawang putih, dan lada hitam yang pedas dapat membantu jika Anda menderita flu dan batuk. Makanan ini membantu dalam penipisan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Mengonsumsi makanan pada suhu tinggi juga membantu karena panas dapat membunuh bakteri berbahaya yang dapat memperburuk kondisi.

    2. Uap inhalasi
    Cara ini ialah salah satu yang paling mudah untuk mengalahkan penyakit flu serta batuk. Anda cukup memanaskan air dalam mangkuk serta tambahkan minyak kayu putih. Penguapan juga membantu dalam penipisan dan melonggarkan lendir dan membuat Anda lebih mudah untuk napas.

    3. Buah-buahan, sayuran, dan jus
    Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jus serta cairan hangat juga disarankan selama sakit karena mengandung vitamin penting dan membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh.

    4. Susu dan kunyit
    Kunyit terkenal memiliki sifat obat. Sedangkan susu setara dengan makanan pelengkap karena memiliki nutrisi yang tinggi. Meminum segelas susu hangat dicampur satu sendok makan bubuk kunyit selama dua sampai tiga kali sehari membantu dalam memerangi pertumbuhan bakteri yang disebabkan oleh batuk serta dapat melonggarkan dahak.

    5. Olahraga rutin
    Olahraga secara rutin dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. Olahraga juga bisa memberikan dorongan sementara dalam produksi sel-sel yang menyerang bakteri dan menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan baik.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES