1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     14 November 2017 19:02

    Usir ketombe dari kepalamu pakai cara cepat ini

    Banyak sampo yang ditawarkan di pasaran untuk menghilangkan ketombe. Namun, tak jarang sampo tersebut malah membuat kulit kepala menjadi sensitif

    Feed.merdeka.com - Memiliki rambut berketombe tentu sangat menyebalkan. Sering kali hal ini membuat Anda tidak percaya diri ketika mengenakan pakaian berwarna gelap dan terus menggaruk kepala karena gatal.

    Ketombe dapat muncul akibat kulit kepala yang kering, peradangan pada kulit kepala, penumpukan sel kulit mati pada kepala, dan juga akibat adanya jamur pada kulit kepala yang dikenal dengan nama malasseiza. Jamur ini dapat memecah kelenjar minyak yang ada di kulit kepala dan menjadikannya sebagai makanan.

    Kemudian, jamur malasseiza akan menghasilkan produk asam lemak yang dapat membuat kulit kepala menjadi gatal dan mudah kering sehingga membentuk ketombe.

    Banyak sampo yang ditawarkan di pasaran untuk menghilangkan ketombe. Namun, tak jarang sampo tersebut malah membuat kulit kepala menjadi sensitif dan iritasi.

    Nah, jika kulit kepala Anda termasuk salah satu yang sensitif, Anda harus mencoba beberapa cara alami menghilangkan ketombe berikut ini.

    1. Sari Lemon

    Lemon memiliki tingkat keasaman yang dapat membantu menjaga pH kulit kepala agar tetap seimbang. Hal ini akan mencegah jamur tinggal di kulit kepala dan menghasilkan ketombe.

    Selain itu lemon juga berperan sebagai agen anti bakteri dan anti jamur yang dapat secara langsung membunuh jamur penyebab ketombe.

    - Ambil 1 buah lemon dan peras sarinya.
    - Larutkan hasil perasan lemon ke dalam segelas air.
    - Basahi rambut dengan air.
    - Tuangkan segelas sari lemon ke kepala secara merata
    - Diamkan selama 20-25 menit. Anda mungkin akan merasa sedikit gatal tetapi hal ini adalah normal.
    - Bilas dengan menggunakan air bersih dan lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo.
    - Anda juga dapat menambahkan 2 sendok teh minyak kelapa pada sari lemon untuk memberikan vitamin E pada kulit kepala agar sel kulit kepala menjadi lebih sehat.

    2. Baking soda

    Anda dapat menggunakan baking soda untuk melakukan scrubbing pada kulit kepala Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mengupas dan mengangkat sel-sel kulit kepala yang telah mati agar tidak menumpuk dan membentuk ketombe.

    Selain itu, baking soda juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala mengalami gatal-gatal.

    - Basahi rambut.
    - Ambil 1 sendok makan baking soda dan letakkan pada tangan.
    - Gosok-gosokkan baking soda secara lembut pada kulit kepala.
    - Bilas dengan air bersih hingga tidak ada baking soda yang menempel.
    - Baking soda akan membuat rambut terasa lebih kering pada awalnya, tetapi setelah beberapa minggu kulit kepala Anda akan kembali memproduksi minyak yang akan membuat rambut Anda menjadi lembut kembali dan bebas dari ketombe.

    3. Bawang

    Bawang memiliki kemampuan untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada rambut. Namun, tidak banyak yang menyukai cara ini karena bau bawang yang cukup tajam, padahal cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan ketombe.

    - Ambil 2 siung bawang yang masih mentah dan hancurkan hingga halus.
    - Campurkan dengan madu dan jahe untuk mengurangi bau tajam dari bawang.
    - Gosok-gosokkan ke kulit kepala secara perlahan.
    - Bilas dengan air dan lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo seperti biasa.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES