1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     2 Maret 2018 07:07

    Ternyata glutamat paling banyak ada di ASI lho!

    Kadarnya lebih tinggi dari susu sapi.

    Feed.merdeka.com - Monosodium L-Glutamat (MSG) merupakan garam natrium dari asam glutamat. Sementara glutamat adalah salah satu asam amino non-esensial pembentuk protein, dapat ditemukan alami pada makanan.

    Nah glutamat pada makanan ada dua jenis, yaitu glutamat terikat--daging, ikan, sayur-- dan glutamat bebas--berperan sebagai penguat rasa terdapat pada tomat, kacang kedelai, kentang, keju, dan susu.

    Direktur Umami Information Center, Kumiko Ninomiya menjelaskan studi yang dilakukan M.A Mehaia pada 1992 ditemukan bahwa asam amino bebas terbanyak ditemukan pada air susu ibu (ASI).

    Jumlah glutamat ASI manusia lebih tinggi dibandingkan susu sapi, domba, atau unta. Kandungan glutamat ASI-nya lebih tinggi enam sampai sembilan kali lipat. 

    Para ilmuwan dalam laman Msg Facts bahkan telah menyelidiki efek konsumsi MSG terhadap ibu menyusui. Pada wanita menyusui yang mengonsumsi MSG pada 100 mb/berat badan, tak ditemukan peningkatan kada glutamat pada ASI yang dihasilkan.

    American Academy of Pediatrics Committee on Drugs pada 1993 mengkaji dampak makanan MSG pada pemberian ASI. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa MSG tak memberi pengaruh terhadap laktasi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES