1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PARENTING


  8. Reporter :     20 Oktober 2017 09:00

    Pria, kecerdasan anak bukan dari gen Anda!

    Selain menurunkan gen, ibu juga punya peran mahapenting bagi kecerdasan anak.

    Feed.merdeka.com - Selama ini masyarakat kerap melihat ayahnya untuk menilai kecerdasan seorang anak. Ternyata, penelitian terbaru mengungkap bahwa kecerdasan itu diturunkan dari ibu.

    Dikutip dari laman Independent.co.uk, genetika ibulah yang menentukan seberapa cerdas seorang anak. Kok bisa?

    Begini penjelasannya. Perempuan lebih mungkin meneruskan gen kecerdasan karena gen tersebut dibawa dalam kromosom X. Sementara, wanita memiliki dua kromosom X dalam gennya. Sementara pria hanya memiliki satu kromosom X.

    Hal ini juga dibuktikan dalam studi laboratorium. Tikus yang diberi dosis ekstra gen maternal memiliki kepala dan otak yang lebih besar dengan badan lebih kecil. Sebaliknya, tikus yang diberi dosis ekstra gen paternal memiliki kepala dan otak yang lebih kecil dengan tubuh lebih besar.

    Tapi, manusia kan bukan tikus? Oke. Menimbang hal itu, sebuah studi dengan pendekatan manusia juga sudah dilakukan peneliti di Glasgow. Para peneliti mewawancarai 12.686 orang muda berusia 14 sampai 22 tahun--setiap tahun sejak 1994.

    Meski ada faktor lain--seperti pendidikan, status sosial-ekonomi--para peneliti menemukan bahwa prediktor kecerdasan terbaik adalah IQ dari ibu.

    Namun, penelitian juga menjelaskan bahwa genetika bukanlah satu-satunya penentu kecerdasan seorang anak. Hanya sekitar 40-60 persen saja kecerdasan yang diperkirakan hasil 'warisan.' Faktor lain adalah lingkungan.

    NEXT: Peran mahapenting seorang ibu bagi kecerdasan si kecil

     

    Peran mahapenting seorang ibu bagi kecerdasan si kecil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES