1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     7 November 2017 11:03

    Jangan sepelekan mata merah, ini yang harus dilakukan jika mengalaminya

    Jika Anda mendapati mata merah, itu artinya sesuatu terjadi pada...

    Feed.merdeka.com - Mata merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Karena perannya sangat penting, makan indera penglihatan ini harus dijaga baik-baik.

    Jika mata adalah cermin jiwa, maka mata merah adalah cermin kesehatan. Jika Anda mendapati mata merah, itu artinya sesuatu terjadi pada mata atau di bagian lain anggota tubuh. Ada banyak penyebab mengapa mata menjadi mata merah.

    "Biasanya mata menjadi merah karena pembuluh darah di permukaan mata membesar atau meradang," kata Jessica Lee, asisten profesor bedah vitreoretinal di jurusan oftalmologi di New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai dikutip dari health.com. "Ada banyak penyebab."

    Namun, mata merah, meradang, dan gatal bisa menjadi pertanda terjadi gangguan pada penglihatan. Berikut adalah penyebab mata merah dan bagaimana cara mengobatinya.

    Alergi

    Alergi tidak hanya membuat mata terasa gatal, dan berair, tetapi juga memicu kemerahan. Bila itu terjadi, jangan garuk mata Anda. "Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh alami terlalu banyak bekerja atau memiliki respons berlebihan terhadap stimulus yang tidak berbahaya," kata Lee. Hampir semua hal bisa menjadi pemicu. Namun umunya disebabkan oleh debu, bulu hewan peliharaan, dan deterjen.

    Kemerahan akan mulai hilang begitu Anda tidak lagi terpapar alergen, tetapi butuh beberapa saat, tergantung pada tingkat keparahan alergi. Untuk mempercepat penyembuhan, percikan mata dengan air atau kompres dengan air dingin. Atau gunakan obat tetes mata yang dirancang untuk melawan alergi.

    Mata merah muda

    Mata merah muda adalah istilah non-medis untuk konjungtivitis - infeksi bakteri, virus, atau alergi yang menyebabkan satu atau kedua mata menjadi merah, bengkak, berkaca-kaca dan gatal. Ini mudah menyebar meskipun jarang menjadi serius. Selama mengalami ini, Anda harus berhenti bekerja sementara waktu sampai sembuh.

    Agar tidak selalu harus ke dokter untuk mengatasinya. Kompresan dingin bisa membantu meringankan kemerahan dan membuat mata Anda terasa lebih baik. Tetapi jika Anda tidak yakin atau infeksi tidak hilang dalam beberapa hari, periksalah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

    Jika penyebabnya virus atau bakteri, Anda harus menjaga kebersihan tangan agar tidak menyebar ke orang lain. Berbagi handuk atau make up, atau hanya menyentuh mata Anda bisa membuat orang lain tertular.

    Lihat ke halaman berikutnya--->>>

     

    Jangan sepelekan mata merah, ini yang harus dilakukan jika mengalaminya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES