1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     6 Desember 2017 13:50

    5 makanan ini mampu perangi nyeri saat haid

    Pada beberapa wanita, rasa sakit di bagian bawah perut saat haid membuat mereka kesakitan hingga tak mampu melakukan apapun.

    Feed.merdeka.com - Kram perut saat menstruasi kerap dialami wanita setiap sebelum dan selama periode menstruasi. Pada beberapa wanita, rasa sakit di bagian bawah perut ini tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

    Namun sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan apapun.

    Tapi, tenang saja, karena hal tersebut bisa dihadapi dengan lebih santai bila Anda mengonsumsi makanan-makanan yang bisa meredakan nyeri haid berikut ini.

    1. Telur

    Semua kandungan di dalamnya—vitamin D, B6, E—mampu mengendalikan unsur-unsur kimiawi pada otak yang berperan besar membentuk gejala-gejala nyeri saat menstruasi. Studi telah membuktikan bahwa kuning telur efektif menurunkan gejala nyeri tersebut.

    2. Selai Kacang

    Makanan-makanan kaya magnesium—kacang salah satunya—sangat ampuh meredakan nyeri haid, karena mampu memproduksi hormon serotonin sebagai pencipta rasa senang pada otak. Dengan mengonsumsi selai kacang (pilih yang unsalted, ya), bad mood saat haid pun akan lebih mudah diatasi.

    3. Pisang

    Kandungan vitamin B6 dan potasium yang ada pada pisang dapat mencegah Anda dari keadaan dehidrasi dan perut kembung. Tak hanya itu, pisang juga bermanfaat untuk mengurangi gejala pegal-pegal pada otot.

    4. Ikan salmon

    Vitamin D dan B6, serta omega 3 yang ada di dalam salmon akan membantu mengurangi nyeri pada perut, payudara, dan pinggang saat haid. Perlu diingat, tanpa vitamin D, kandungan kalsium sebagai penguat otot dan sendi, tidak akan dapat diserap oleh tubuh. Selain salmon, ikan sarden atau mackarel pun sama baiknya.

    5. Brokoli

    Kaya akan vitamin A, C, B6, dan E, serta magnesium, kalsium, dan potasium—tentu saja menjadikan brokoli sebagai makanan tepat untuk menyeimbangkan hormon-hormon penyebab nyeri saat haid. Selain itu, brokoli juga sumber serat yang baik untuk mengatur pencernaan dan hormon seks estrogen pada wanita.

    (Berbagai sumber)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES