1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     8 Desember 2017 18:02

    11 gejala penyakit liver ini perlu diwaspadai, segera konsultasi ke dokter!

    Waspada jika urine Anda berubah warna menjadi kuning gelap.

    Feed.merdeka.com - Pernahkan Anda mendengar tentang bahaya penyakit liver? Ketika Anda mendengar kata penyakit liver, mungkin yang terpikir penyebabnya adalah minuman beralkohol.

    Hal tersebut tak sepenuhnya salah, karena minuman beralkohol bisa merusak 20% hingga 50% hati manusia. Sebab, hati tidak bisa menyaring darah dan membantu mendukung organ-organ lain dengan benar.

    Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada trubuh yang bersifat racun.

    Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino. Racun yang ada pada tubuh dipecah oleh hati kemudian hasilnya dikeluarkan melewati empedu serta feses yang menurut ilmu kedokteran dinamakan dengan detoksifikasi.

    Penyakit liver atau hati ini juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non B yang kesemuanya ini disebabkan oleh virus. Selain itu penyebab lain munculnya penyakit liver ini adalah berasal dari pola mengkonsumsi makanan yang salah serta zat-zat kimia yang terkandung dalam obat yang biasa kita minum seperti parasetamol, antibiotik, arsenal serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood.

    Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat, jika Anda menemukan beberapa gejala yang timbul seperti dibawah ini bisa saja itu merupakan ciri-ciri awalnya, dan untuk memastikan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang mengerti dengan penyakit ini.

    Adapun gejala-gejala umum yang sering ditimbulkan dari penyakit liver ini antara lain adalah sebagai berikut.

    1. Terjadi perubahan pada perut di mana perut berubah menjadi lebih buncit. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.

    2. Terjadi perubahan warna kulit serta mata di mana berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Inilah yang biasa disebut oleh masyarakat sengan penyakit kuning.

    3. Air seni berubah warna menjadi kuning gelap.

    4. Terjadi perubahan pada bentuk kuku di mana menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan.

    5. Berat badan menurun karena kurangnya nafsu makan.

    6. Sering mimisan.

    7. Tubuh akan mudah memar dikarenakan kekurangan zat protein.

    8. Sering buang air kecil.

    9. Mudah merasa dahaga.

    10. Bau mulut serta bau badan tidak sedap.

    11. Anemia.

    (Segala sumber)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES