1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RUMAH


  8. Reporter : Zika    6 November 2015 14:30

    Tips Saat Membeli Rumah <em>Second</em>

    Anda wajib melakukan semua pemeriksaan di bawah ini agar tidak rugi.

    Feed - Membeli rumah tangan kedua (second hand) itu ibarat membeli telur dalam karton. Anda tidak bisa tahu secara detail apa yang ada di rumah itu kecuali diperiksa dengan saksama. Tangan Anda harus ikut menyentuh dinding, kran, dan semua detail rumah agar tahu apa saja yang harus rusak dan harus diperbaiki. Dikutip dari Finance Ninemsn.com, Anda wajib melakukan semua pemeriksaan di bawah ini agar tidak rugi.

    via www.thecambodiaherald.com

    1. Nyalakan air kran di dapur dan kamar mandi
    Ini untuk memastikan kelayakan kran dan drainasenya. Ini juga bisa jadi cara mudah untuk memeriksakan kualitas air. Biarkan menyala beberapa saat untuk memastikan tidak ada masalah dengan kran di rumah.

    2. Lihat kerusakan di dinding dan pintu
    Apakah ada kerusakan/lubang besar di bagian langit-langit? Ataukah ada lubang menganga di dinding? Periksa dengan saksama karena kerusakan di dua bagian ini akan memakan biaya besar.

    via daindunston.com

    3. Gunakan korek api untuk memeriksa cat
    Terkadang, cat digunakan untuk menutup bagian yang cacat dari sebuah rumah. Untuk mengetahuinya, nyalakan korek api di cahaya yang temaram, kemudian dekatkan dengan tembok. Dari situ bisa terlihat apa yang ada di balik cat.

    4. Jamur di kamar mandi
    Adalah wajar jika kamar mandi terpapar jamur. Namun, penanganannya haruslah apik. Bila tidak dihilangkan, kamar mandi bisa berbau tidak sedap.

    via indulgy.com

    5. Periksa kualitas jendela
    Apakah jendela terlalu mudah dibuka? Apakah ada cat yang mengelupas? Bila ada frame kayu di sekitar jendela, tekan kayunya dengan jari Anda. Dengan demikian terasa pasti apakah kayu itu sudah melunak atau masih dalam kualitas yang baik.

    6. Ketuk untuk mencari rayap
    Rayap kerap bersembunyi dengan sempurna di balik dinding kayu. Maka itu ketuk-ketuk dinding kayu untuk melihat adakah rayap yang ngumpet di belakangnya. Ini harus dilakukan mengingat rayap adalah hama yang berat untuk ditumpas.

    via www.younghouselove.com

    7. Periksa apa saja yang butuh perbaikan
    Lihat dengan teliti bagian atap, dinding, tembok, ataupun furnitur yang ada di dalamnya. Pertimbangkan baik-baik ongkos perbaikan dari rumah tersebut. Jika ongkosnya terlalu besar, ada baiknya ada pikir lagi untuk mengambil rumah tersebut.

    Baca juga:

    Cara Mengusir Laba-Laba dari Rumah

    Ucapkan Selamat Tinggal pada Kecoa dengan 5 Cara Ini

    Ampas Kopi Ternyata Bisa Jadi Senjata Ampuh Lawan Nyamuk

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES