1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    7 Desember 2015 15:48

    7 Ciri Anda Adalah Pribadi Percaya Diri

    Apakah Anda termasuk orang yang percaya diri? Buktikan dengan membaca tanda-tanda berikut.

    Feed - Selama ini gambaran orang yang percaya diri masih simpang siur. Mereka kerap dianggap arogan, tidak pengertian, dan agresif. Gambaran negatif ini melebar ke dunia karir di mana pengusaha wanita dianggap suka bersaing, banyak bicara, sering membual, menyombongkan diri, dan sering menginginkan karir yang tinggi.

    Sebenarnya itu bukanlah sifat percaya diri sesungguhnya. Karena sifat ini memiliki nilai positif yang mengacu kepada karakter orang yang berusaha meraih suatu hal. Seperti yang dilansir dari lifehack.org, inilah ciri-ciri perilaku orang yang percaya diri secara alami.

    1. Tidak bergantung pada pujian 

    via yemenists.wordpress.com

    Orang yang membutuhkan pengakuan dari orang lain bukanlah tanda orang yang percaya diri. Orang yang percaya diri mempertahankan kepribadian dan sikap mereka saat orang lain tidak memuji pekerjaan atau perilaku mereka. Orang yang percaya diri sangat produktif, mandiri, dan dapat memotivasi diri sendiri.

    2. Dapat menerima pujian
    Orang yang percaya diri akan menerima pujian, menghargai, tetapi tidak akan terlena dengan pujian tersebut. Mereka akan tetap stabil dengan kepercayaan dirinya.

    3. Dapat menerima kritik

    via www.glassceiling.com

    Orang yang percaya diri tidak akan terganggu dan terpengaruh oleh kritikan orang lain. Mereka akan mengukur tindakannya yang dikritik oleh orang lain agar dapat bereaksi dengan tepat. Orang yang percaya diri bisa objektif dalam menerima kritik, mereka tidak akan merasa terancam karena mereka sadar bahwa sebagai manusia pasti melakukan kesalahan. Malah kritik itu akan menjadi pelajaran bagi ke depannya.

    4. Tidak membual
    Ada beberapa hal yang membuat orang terus membual, misalnya agar terus-menerus mendapat sorotan dan perhatian dari orang lain. Orang yang percaya diri akan menghindari obrolan tentang kesuksesan mereka. Mereka akan berbagi nilai-nilai yang baik dengan orang yang menghargai mereka dan selalu rendah hati.

    5. Tidak takut dengan keberhasilan orang lain

    via epnofny.com

    Mereka akan puas dengan keberhasilan yang mereka dapat dan tidak merasa iri dengan keberhasilan yang dicapai oleh orang lain. Keberhasilan milik orang akan mereka jadikan pembelajaran, termotivasi, dan dijadikan evaluasi untuk melakukan perubahan.

    6. Tidak takut untuk melakukan perubahan
    Banyak orang yang tidak mau beranjak dari zona nyaman mereka. Padahal di luar zona itu, banyak hal yang ingin mereka raih. Bila si Percaya Diri berani keluar dari zona nyaman itu, ia akan menghadapi semua masalah dengan baik. Malah, ia nampak tidak memiliki kendala berarti ketika menghadapinya.

    7. Lebih banyak mendengar daripada berbicara
    Orang yang percaya diri tidak merasa perlu membagikan pengalaman mereka pada orang lain. Mereka berpendapat bahwa lebih baik mendengarkan daripada banyak bicara. Mereka menyadari untuk membangun hubungan yang baik, sifat mendengarkan harus mendapatkan porsi yang sama dengan berbicara.

    Baca juga:

    6 Pelajaran Hidup dari Ibu Pekerja pada Anaknya

    Tidur Lebih Awal, Kunci Kesuksesan Karir Anda

    Tebak Kepribadian: Pintu yang Anda Pilih Mencerminkan Karakter Diri

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES