1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    7 Desember 2015 14:20

    Begini Cara Membedakan Telur Busuk atau Tidak

    Ada beberapa cara membedakan telur segar atau busuk dan bisa dilakukan dengan mudah.

    Feed- Anda pernah mengalami membeli telur namun ternyata busuk? Terkadang memang cukup sulit mengetahui apakah telur masih segar atau sudah busuk. Jadi bagaimana Anda dapat membedakan telur yang baik atau busuk? Seperti yang dilansir safebee.com berikut tips bagaimana mengetahui telur masih segar atau busuk.

    1. Menguji telur yang segar atau sudah busuk

    via: superbeefy.com

    Tempatkan telur dalam mangkuk yang berisi air dingin. Jika mengapung berarti telur sudah busuk. Sebaliknya, jika tenggelam, telur masih segar dan dapat Anda santap. Dan, jika tenggelam tapi agak berdiri, itu tanda jika telur akan membusuk. Segeralah makan sebelum telur membusuk.

    via: berkleys.com.au

    Teori di balik uji coba ini adalah kulit telur itu berpori. Seiring waktu, cairan akan menyerap ke dalam pori tersebut dan membuat udara masuk. Itulah yang membuat telur busuk menjadi lebih ringan ketika berada di air. "Semakin tua, telur akan menyerap udara. Namun ukuran sel udara di tiap telur itu berbeda-beda. Maka itu telur segar dan telur yang sudah lama kemungkinan bisa bereaksi nyaris sama," ungkap Don Schaffner, seorang ilmuan makanan di Rutgers The State University, New Jersey, AS.

    Saran lainnya adalah pecahkan telur. Telur yang segar, akan memiliki kuning telur dengan warna orange terang dan putih telurnya tidak menyebar jauh dari kuning telur.

    2. Melihat tanggal kadarluasa
    Bila membeli telur dalam kemasan di supermarket, lihat tanggal kadaluarsanya di karton pembungkusnya. Telur yang segar tidak dijual lebih dari 45 hari dari tanggal pengemasan. Telur yang segar dapat digunakan tiga sampai lima minggu dari saat kita membeli.

    3. Menyimpan telur dengan tepat

    via: poultryshop24.com

    Walaupun kulkas Anda memiliki tempat khusus untuk telur, menggunakan karton akan jauh lebih baik untuk menjaga kesegaran telur. Sebab, pintu kulkas yang dibuka dan ditutup terus-menerus, membuat suhu tidak stabil. Jangan menyimpan telur pada suhu kamar lebih dari dua jam karena bakteri berbahaya dapat tumbuh.

    4. Memasak telur jauh dari Salmonella
    Schaffner menjelasakan, salmonella adalah organisme yang paling dikhawatirkan oleh manusia. Organisme ini bisa berada di dalam telur dan jika terinfekasibisa menyebabkan diare, mual, muntah, menggigil, demam, sakit kepala, dan kram perut. Infeksi dapat menyebabkan komplikasi pada anak-anak, wanita hamil, orang dewasa dan lebih tua serta orang-orang yang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh.

    Baca Juga:

    Metode Ajaib Mancungkan Hidung dengan Tepung dan Telur

    Inilah Ciri Telur yang Berasal Dari Ayam Sehat

    Faedah Menakjubkan dari Sebutir Telur

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES