1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    7 Desember 2015 12:30

    Anda Benci Suara Orang Sedang Makan? Berarti Anda...

    Para peneliti menyatakan bahwa mereka yang mengalami hal ini adalah pribadi yang kreatif.

    Feed - Apakah Anda sering terganggu saat mendengar orang yang menyeruput minumannya? Atau Anda kesal dengan orang yang bersuara ketika makan? Tidak usah kecil hati dengan kepekaan itu karena Anda termasuk dari 20 persen orang di dunia yang terkena misophonia. Pengidap misophonia memiliki kepekaan yang sangat luar biasa terhadap sebuah suara.

    Meski demikian, para peneliti menyatakan bahwa mereka yang mengalami hal ini adalah pribadi yang kreatif. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University, Illinois, AS, seperti dikutip dari lifehack.org.

    via www.lifehack.org

    Bagaimana mungkin orang dengan misophonia berhubungan dengan kreativitas? Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian yang melibatkan seratus orang yang dipantau berdasarkan reaksi terhadap suara. Kemudian para para partisipan diminta mengisi kuesioner di akhir penelitian. 

    Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara orang yang menjawab kuesioner paling kreatif dengan orang-orang yang sensitif terhadap suara. Dengan kata lain, semakin sering mereka terganggu oleh suara, semakin tinggi tingkat kreativitasnya.

    via www.scarymommy.com

    Teori ini terbukti ketika banyak orang-orang kreatif yang tidak menyukai kebisingan. Seperti seorang penulis yang membutuhkan keheningan saat bekerja. Jadi ketika Anda kesal saat mendengar orang lain makan dengan berbunyi, tarik saja napas dalam-dalam dan ingatkan diri Anda bahwa Anda lebih kreatif dari mereka. 

    Tetapi jika memang keadaan tersebut membuat Anda sangat sangat mengganggu,  cobalah berlatih teknik Jastreboff yang ditemukan oleh Pawel Jastreboff. Yakni dengan cara menggabungkan pengalaman positif dengan suara yang terdengar dari mulut. Contoh mudahnya, ketika Anda mendengar suara kecapan makan, mulailah menganggapnya seperti suara air terjun di suatu lokasi yang indah.

    Secara emosi, teknik ini akan mengurangi peraasaan negatif Anda.  Teknik ini juga terbukti efektif hingga delapan puluh persen, jadi Anda tidak perlu merasa terganggu lagi saat mendengar suara-suara tersebut.

    Baca juga:

    Video Kocak: Makanya Jangan Sombong!

    Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Mubazir

    Video Kocak Bayi Makan Sambil Tidur

    Makanan Ini Siap Merangkak Keluar dari Piring Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES