1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    20 Februari 2018 09:07

    Ini alasan mengapa orang suka banget selfie

    Ada enam motivasi, yaitu...

    Feed.merdeka.com - Selfie atau swafoto menjadi fenomena diberbagai belahan dunia. Setelah selfie, biasanya foto tersebut dibagikan ke media sosial.

    Selfie pun dianggap sebagai upaya pengembangan psikososial. Kegiatan selfie yang mendunia itu terjadi dalam lima tahun terakhir.

    Kegiatan itu pun meningkat drastis dalam dua tahun terakhir dan tak sedikit laporan kecelakaan yang berhubungan dengan pengambilan selfie tersebut.

    Tapi kira-kira apa ya alasan yang mendasari mengapa banyak orang suka selfie?

    Dikutip dalam Milis Kesehatan yang ditulis oleh Praktisi klinis dan Staf pengajar FKUI/RSCM, Dokter Ari F Syam, para peneliti dari Nottingham Trent University menyebutkan ada enam motivasi mengapa seseorang melakukan selfie.

    Pertama motivasinya karena ingin meningkatkan kepercayaan diri dan menjadi berbahagia, setelah melakukan selfie. Kedua, mencari perhatian.

    Ketiga yaitu meningkatkan mood, keempat berhubungan dengan lingkungan sekitar, kelima meningkatkan adaptasi dengan kelompok sosial. Keenam adalah ingin berkompetisi secara sosial.

    Berdasarkan motivasi tersebut, Ari berpendapat bahwa ada bagian dari selfie yang dapat membawa dampak positif. Namun bila dilakukan berlebihan dan menjadi obesif untuk berswafoto, ternyata dapat mengganggu kesehatan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES