1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    6 April 2016 10:09

    Menu Diet Ini Menjamin Anda Jauh dari Diabetes

    Diabetes itu bisa dicegah asalkan Anda hidup sehat dengan menu berikut.

    Feed.merdeka.com - Diperkirakan 1,5 juta kematian di dunia disebabkan oleh diabetes di tahun 2012 silam. Hal ini sejatinya bisa dicegah karena banyak cara yang dilakukan untuk mengobati penyakit tersebut.

    "Mengobati tidak harus dengan obat. Meminum obat tergantung pada seberapa parah penyakit pasien, namun hal ini bisa dicegah," Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, pakar diabetes saat ditemui di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    Salah satu tindak pencegahan awal adalah dengan deteksi dini. Seperti melihat faktor risiko serta menjalani gaya hidup yang sehat. "Jika memiliki faktor keturunan kelurga denga diabetes, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dan memeriksakan gula darah secara teratur. Menjalani hidup sehat seperti diet teratur tanpa gula," tambah Sidartawan.

    Diet sehat dibagi sesuai usia Anda, berikut yang perlu Anda perhatikan saat diet dan aktivitas fisik sesuai usia Anda.

    1. Setidaknya konsumsi 400 gram atau lima porsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, sumber karbohidrat seperti beras merah dan gandum. Kentang serta ubi-ubian tidak termasuk buah dan sayuran.

    2. Kurang sepuluh persen dari total asupan energi dari gula yang setara dengan 50 gram atau sekitar empat sendok makan untuk orang dari berat badan yang sehat sekitar 2000 kalori per hari. Tetapi idealnya kurang dari lima persen asupan energi total untuk manfaat kesehatan tambahan.

    3. Kurang 30 persen dari total asupan energi dari lemak tak jenuh yang biasa ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, bunga matahari, canola, dan minyak zaitun. Lebih baik dari pada lemak jenuh seperti daging berlemak, mentega, kelapa sawit, krim keju, serta lemak babi.

    4. Lemak trans industri dalam makanan olahan, cepat saji, makan ringan, gorengan, pizza, kue, margarin bukan bagian dari diet sehat. Kurang dari lima gram garam setara dengan satu sendok teh per hari dan menggunakan garam beryodium.

    Baca juga:

    Gejala Diabetes Pada Wanita

    Oh, Ternyata Ini Rahasia Diet Aurelie Hermansyah

    Diet Telur, Tumpas Lemak di Perut Hanya dalam Tempo 3 Hari

    Demi Diet, Thalita Latief Pasrah Tahan Nafsu Makan

    Begini Caranya Diet Sambil Tidur, Lemak Dijamin Menguap!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES