1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    12 Februari 2016 09:00

    5 Manfaat Luar Biasa Biji Alpukat yang Tidak Anda Ketahui

    Biji alpukat yang keras ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Feed.merdeka.com - Buah alpukat terkenal dengan warnanya yang hijau, teksturnya yang lembut, dan bijinya yang keras. Umumnya Anda hanya memakan buah alpukat saja, baik dimakan langsung, dibuat jus, atau dibuat smoothie.

    Selain buahnya yang nikmat, ternyata biji alpukat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari livestrong.com, berikut ini lima manfaat luar biasa dari biji alpukat ketika dikonsumsi.

     

     

     

    Image result for avocado seed

    1. Memiliki sifat anti-tumor
    Meskipun belum dilakukan uji coba pada manusia, beberapa studi yang dilakukan pada seekor tikus menunjukan zat yang ada pada biji alpukat memiliki sifat anti-tumor. Berdasarkan Encyclopedia of Common Natural Ingredients Used in Food, Drugs, and Cosmetics, biji alpukat mengandung flavonol kental yang bisa mencegah penyakit tumor.

    2. Memiliki sifat anti-oksidan
    Alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang bermanfaat sebagai anti-oksidan yang kuat dari bijinya. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 oleh National University of Singapore, menyimpulkan bahwa biji alpukat memiliki kadar anti-oksidan 70 persen lebih besar dibandingkan biji buah lainnya seperti mangga, asam, dan nangka.

    3. Melancarkan pencernaan
    Gangguan pencernaan seperti infeksi usus dan radang usus akan mengakibatkan diare dan masalah yang lebih serius. Untuk mengobatinya, biji alpukat sudah digunakan oleh suku Indian di Amerika sebagai bahan untuk ramuan tradisional.

    Image result for avocado seed

    4. Serat yang mudah larut
    Menurut Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter kehormatan dari United Nations and the American Cancer Society, biji alpukat merupakan salah satu sumber alami serat yang muah larut. Bentuk serat ini penting untuk pasien yang terkena penyakit jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Biji alpukat memiliki lebih banyak serat daripada serat yang ada pada oatmeal.

    5. Kalium
    Pada sebuah artikel yang diterbitkan oleh California Avocado Society menunjukkan bahwa biji alpukat merupakan gudang kalium. Tapi jumlah kalium pada buah yang matang tidak sebanyak kalium pada alpukat yang masih mentah. Biji alpukat juga mengandung fosfor meski tak sebanyak kalium.

    Baca juga:

    4 Masker Kecantikan Bersumber dari Alpukat

    Tips Memilih Alpukat Segar

    Setelah Baca Ini, Anda Tidak Lagi Buang Kulit Buah

    Singkirkan Pestisida dari Buah dan Sayuran dengan Cara Ini

    Daftar Nama Buah dan Masa Kadaluarsa Penyimpanannya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES