1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Zika    16 April 2015 10:57

    Tragedi F-16, Hilang di Laut Sampai Dibakar Hidup-Hidup

    Tragedi paling miris adalah ketika pilot F-16 asal Yordania dibakar kelompok ISIS.

    Feed - Pesawat tempur F-16 dengan nomor register TS 1643 mengalami gagal take-off di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis, 16 April 2015. Ini menyebabkan pesawat terbakar di ujung landasan dan nyaris memakan nyawa sang pilot.

    Beruntung, tidak ada korban jiwa. Seperti dikutip dari viva.co.id, Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Hadi Cahyanto, menyatakan bahwa pilot berhasil melompat sebelum pesawat itu terbakar.

    Sepanjang sejarah penerbangan, pesawat tempur F-16 Fighting Falcone sudah beberapa kali terlibat dalam tragedi. Simak beberapa rekam jejaknya di bawah ini.

    Jatuh di Spanyol, tewaskan sepuluh orang
    Sepuluh orang tewas akibat jet tempur F-16 Yunani jatuh saat latihan militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada akhir Januari 2015. Selain itu 13 orang lainnya terluka setelah pesawat tersebut jatuh sesaat setelah lepas landas di Pusat Latihan Albacete, Spanyol. Korban yang tewas termasuk dua pilot yang F-16 asal Yunani.

    via http://en.wikipedia.org/

    Kandas di Laut Adriatik
    Kapten Lucas Gruenther asal AS menjadi korban jatuhnya pesawat tempur F-16 di Laut Adriatik, dekat pantai Italia, akhir November 2013. Jenazahnya ditemukan di laut lewat operasi pencarian gabungan yang melibatkan Angkatan Udara AS dan petugas pantai Italia. Jet tempur F-16 yang dipiloti Gruenther lepas landas dari pangkalan Aviano pada Senin malam. Sejak itu, pesawat yang sedang menjalankan misi latihan itu hilang kontak dengan Pangkalan Udara Aviano. 

    via http://en.wikipedia.org/

    Milik Turki, Jatuh dekat Suriah
    Sebuah jet tempur F-16 milik Turki jatuh dekat perbatasan Suriah pada Mei 2013. Pilot jet tersebut ditemukan tewas dalam insiden ini. 

    Pilot senior tewas
    Sebuah jet tempur F-16 milik Thailand jatuh saat melakukan latihan, Februari 2015. Jet tempur itu jatuh di distrik Khok Samrong, provinsi Lopburi, Thailand tengah pada sekitar pukul 15.00 waktu setempat dan menyebabkan seorang pilot senior tewas. 

    via berita2bahasa.com

    Pesawat jatuh, pilot disandera 
    Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Yordania jatuh di atas provinsi Raqqa di Suriah dan pilot disandera oleh kelompok ISIS pada akhir Desember 2014. Beberapa foto disiarkan, termasuk satu foto yang berisi wajah pilot yang mengenakan kemeja putih dibawa oleh empat pria bersenjata. Mirisnya, pilot tersebut akhirnya dibakar hidup-hidup oleh ISIS dan disiarkan via tayangan video. 

    Lihat juga: Alamak, Cantiknya Pilot Wanita Indonesia

    Negara Berpenduduk Paling Gembrot

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES