1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BELANJA


  8. Reporter : Lia Harahap    6 Juni 2017 08:37

    Tips bijak menggunakan uang THR, jangan sampai gak bersisa

    Duit tambahan sering kali terpakai tanpa perhitungan.

    Feed.merdeka.com - Tunjangan Hari Raya alias THR adalah bonus yang ditunggu-tunggu semua pegawai baik swasta maupun negeri. Meskipun hanya senilai gaji pokok, THR cukup membuat karyawan senang.

    Waktu pembagian THR berbeda-beda. Ada yang lebih awal, ada pula yang menjelang Lebaran. Namun untuk tahun ini, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan setiap perusahaan atau pengusaha wajib membayar THR (Tunjangan Hari Raya) paling lambat H-7 atau seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

    Bertepatan dengan momen Lebaran, duit tambahan itu sering kali terpakai tanpa perhitungan. Padahal, sangatlah penting untuk lebih bijak menggunakan THR agar tak semuanya terbelanjakan.

    Biar enggak kebablasan dan bersisa buat ditabung, ini tips mengelola duit THR dikutip dari berbagai sumber:

    1. Sisihkan lebih dulu untuk ditabung

    Memegang uang lebih kadang membuat orang gelap mata. Alhasil, uang hanya alat tukar yang mudah sekali habis terpakai.

    Biasanya hal ini terjadi saat pegawai menerima THR. Agar kalian tidak mengalaminya, sebaiknya sisihkan lebih dulu uang THR untuk ditabung. Paling tidak, kalian masih merasa punya duit sisa usai ber-Lebaran.

    2. Beli barang yang benar-benar penting

    Momen Lebaran pastinya ingin dirayakan semua orang dengan suka cita dan gembira. Namun bukan berarti harus royal.

    Utamakanlah membeli barang-barang penting. Jangan membeli barang yang sekiranya bisa didapat di lain waktu.

    3. Jaga napsu lihat online shop

    Seiring perkembangan zaman, kini orang tak harus repot-repot untuk membeli sesuatu. Mulai dari baju, sepatu, makanan, hingga perabotan.

    Keberadaan internet memudahkan semua orang mendapatkannya lewat ragam online shopping yang tersedia. Jika sudah begini, hawa nafsu berbelanja harus bisa ditahan.

    Saking mudahnya mendapatkan sesuatu, terkadang membuat kita ingin mendapatkan semuanya tanpa memikirkan dana yang harus disimpan.

    4. Carilah barang yang diskon

    Momen Lebaran biasanya dimanfaatkan sejumlah retail untuk perang diskon. Kalian tak perlu malu untuk berkontribusi di dalamnya.

    Belanja barang diskon juga membantu menghemat pengeluaran. Jangan khawatir, kualitas barang diskon tak selalu buruk asal bisa memilih dengan baik.

     

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES