1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    10 Agustus 2016 10:40

    Menguak Mitos-mitos yang Salah Soal Hepatitis

    Ternyata selama ini sering terjadi salah kaprah soal hepatitis.

    Feed.merdeka.com - Hepatitis ialah penyakit menular yang dapat merusak fungsi hati. Bahkan akan menyebabkan kanker hati bisa tidak ditangani secara tepat dan cepat. Hepatitis pun dibagi menjadi empat yaitu A,B, C, dan D, yang perlu diwaspadai ialah hepatitis B dan C. Hepatitis tipe ini dapat menyebabkan sirosis atau pengerutan hati dan menular melalui darah.

    Sayangnya banyak pihak mengira bahwa obat herbal seperti kulit manggis dapat menyembuhkan hepatitis, terutama untuk hepatitis B dan C. Padahal, fakta tersebut belum terbukti benar.

    "Minum obat herbal boleh namun tidak bisa menggantikan anti-bodi kita saat diserang hepatitis. Obat herbal seperti ini, belum ada hasil penelitian yang menyatakan hepatitis dapat sembuh dengan mengonsumsi obat herbal," papar dr. Irsan Hasan, SpPD, spesialis penyakit dalam, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

    Selain obat herbal, banyak yang mengira tidur di bawah jam sebelas malam dapat menyembuhkan pasien hepatitis. "Tidur cukup pun tidak terbukti dapat menyembuhkan hepatitis," tambah dr. Irsan.

     

    Penderita hepatitis pun tidak dilarang untuk minum kopi dan mengonsumsi makanan dengan campuran santan. "Minum kopi tidak masalah bahkan baik untuk fungsi hati, jika Anda terbiasa minum kopi. Namun, bagi yang tidak biasa sebaiknya tidak usah dipaksakan untuk minum. Santan pun justru baik bagi penderita hepatitis, karena sudah ada penelitian seorang pasien hepatitis diberikan santan malah semakin membaik," ungkap dr. Irsan.

    Dr. Irsan pun menyarankan untuk deteksi dini hepatitis, sebab semua orang wajib untuk test hepatitis agar tidak terlambat dalam penanganannya. Deteksi dengan cara berkonsultasi ke dokter untuk mengecek HBsAg. Dan lebih penting, bagi Anda yang baru saja ingin menikah.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES