1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    26 November 2015 13:48

    Lakukan Ini Ketika Anda Merasa Kiamat Sudah Dekat

    Terasa nyeri di dada, detak jantung begitu cepat, berkeringat, pusing, dan mati rasa. Inikah akhir dunia?

    Feed - Pernahkah Anda mengalami sesak napas yang dibarengi rasa seperti serangan jantung dan ingin pingsan? Padahal saat itu Anda tidak memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan semua masalah di atas.

    Bisa jadi Anda terkena serangan panik. Serangan ini bisa terjadi kapan saja, tidak selalu dalam keadaan stres, atau saat Anda merasa bersemangat. Tanda-tanda orang yang terserang panik yaitu Anda akan merasa dunia seperti akan kiamat, terasa nyeri di dada, detak jantung begitu cepat, berkeringat, pusing, dan mati rasa.

    via epilepsyu.com

    Mengapa serangan panik bisa terjadi? Seperti yang dilansir dari thrillist.com, serangan itu terjadi karena sistem saraf simpatik Anda memutar saat gugup dan melepaskan adrenalin. Ketika rasa gugup Anda sudah menjadi stres, Anda akan terserang panik dan merasa sulit untuk bernapas.

    Selama terserang panik, Anda bernapas terlalu cepat, berpikiran terlalu banyak, dan terlalu banyak menyerap udara. Hal itu akan menyebabkan hiperventilasi yang membuat keadaan semakin buruk. Hiperventilasi terjadi ketika paru-paru bernapas berlebihan untuk mencapai gas darah arteri normal. Akibatnya, paru-paru menghirup oksigen lebih dari yang dibutuhkan.

    via www.dreampositive.info

    Untuk mengatasi serangan panik, Anda dapat mencoba pernapasan perut atau diafragma dan bukan bernafas melalui dada. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

    1. Praktikan diri Anda untuk berbaring sehingga Anda akan terbiasa dengan teknik ini.

    2. Letakan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut Anda, antara pusar dan tulang rusuk Anda.

    3. Tarik napas melalui hidung hingga perut terasa penuh. Anda tidak hanya menarik napas dalam-dalam, Anda juga mengalirkan udara ke dalam tubuh untuk mendorong perut.

    4. Perintahkan diafragma Anda untuk mengeluarkan napas dari mulut.

    Lakukan teknik di atas secara rutin, sehingga saat serangan panik menghujam serasa kiamat datang, Anda sudah bisa mengatasinya. (Arman Maulana Azis)

    Baca juga:

    Seram, Foto Jenazah Seperti Masih Hidup

    Pertanda Rumah Anda Dihantui

    Rumah-Rumah Ini Dihantui Almarhum Selebriti

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES