1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Indra    24 Juli 2015 10:09

    Kesalahan Umum Saat Menyebut 'Flash Disk'

    Menyebut benda mungil itu dengan sebutan “flash disk” ternyata salah besar.

    Feed - Siapa yang tidak akrab dengan benda kecil ini. Kehadirannya sangat penting, terlebih bagi mereka yang membutuhkan akses pemindahan data dengan waktu singkat.

    Ya, flash disk namanya. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil dan ringan. Pengguna kerap kali memanfaatkan flash disk untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Namun, sadar atau tidak, menyebut benda mungil itu dengan sebutan 'flash disk' ternyata salah besar. Mari kita telusuri dengan saksama.

    Menyebut Flash Disk

    via pixabay.com

    Penyebutan 'flash disk' untuk benda kecil ini tidaklah tepat. Dalam istilah penyimpanan digital, 'flash' memiliki arti sebuah alat penyimpanan data memori kilat yang berbentuk kecil atau mudah dibawa. Sementara itu, 'disk' berarti cakram atau piringan magnetis yang mempunyai fungsi membaca atau menulis data.

    Jika dilihat bentuk fisiknya, benda yang sering kita sebut 'flash disk' tidaklah memiliki cakram. Itu artinya, segala perangkat yang menggandeng kata 'disk' harus memiliki cakram atau piringan magnetis, seperti hard disk, zip disk, atau floopy disk.

    Menyebut USB

    via dailytech.com

    Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung dari komputer ke peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel, mouse, keyboard, maupun printer.

    Kini, USB telah menjadi alat standar bagi perlengkapan multimedia. Menyebut benda kecil tersebut dengan sebutan USB adalah kesalahan. Karena fungsinya hanya sebagai penghubung saja tidak mampu untuk menyimpan data.

    USB Flash Drive atau Flash Drive

    via pcworld.com

    USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori yang dilengkapi penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil dan ringan dengan kapasitas penyimpanan data mulai dari 64 megabita sampai 512 gigabita.

    Penggerak kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Sayangnya, alat ini memiliki umur lebih singkat dibanding peralatan penyimpanan lainnya yang hanya bertahan sampai lima tahun.

    Dilihat dari bentuk fisiknya, inilah yang yang seharunya dikenal banyak orang. Menyebutnya dengan sebutan 'flash drive', bukan 'flash disk', karena tidak memiliki disk atau cakram.

    Baca juga:

    4 Teknologi Jempolan yang Harus Dimiliki Pelancong

    Kesalahan Make-Up yang Buat Wajah Cepat Tua

    Kesalahan Klasik Perempuan Saat Selingkuh

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES