1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    22 Juli 2015 15:00

    5 Coffee Shop Terbaik di Jakarta untuk Akhir Pekan

    Cecaplah sedikit kopi, diam sejenak dan rasakan semangat itu menjalar ke seluruh tubuh. Tapi di sini, Anda tidak sekedar menikmatikan dorongan semangat itu. Kopi bisa dinikmati sembari Anda menuntaskan pekerjaan kantor.

    Feed - Bicara soal minuman, kurang sah jika tidak menyebut yang namanya kopi. Jenis minum yang satu ini selalu hadir menjadi teman terbaik semua kalangan sebelum menjalani aktivitas sehari-hari.

    Tidak hanya sensasi dari rasa kopinya saja yang menjadi magnet bagi segelintir orang untuk mencintai minuman berwarna hitam ini. Cara menyajikan dan menikmati kopi yang beragam juga jadi hal yang istimewa dari kopi.

    Kita bisa lihat ketika beberapa orang di warung kopi sering kali menikmati secangkir kopi dengan cara dituang ke piring kecil. Atau di wilayah Yogya yang mengkombinasikan arang kayu yang dicelupkan ke dalam segelas kopi demi mendapatkan nuansa baru dalam menikmati kopi.

    Di Jakarta, penyajian dan cara menikmati kopi sudah jauh lebih modern. Coffee shop dengan konsep interior yang futuristik tumbuh menjamur di berbagai wilayah. Dari sekian banyak Coffe Shop yang tersebar, Jakarta punya sederertan jagoan tempat yang wajib disinggahi untuk menenangkan pikiran usai bekerja selama satu pekan.

    Berikut 5 coffe shop terbaik di Jakarta yang pas untuk akhir pekan.

    1. 1/15 - One Fifteenth Coffee

    Coffee shop yang satu ini memang terbilang baru di ibu kota, tepatnya di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Meskipun One Fifteenth Coffee baru berdiri sejak 2012, namun gerai ini mampu mencuri perhatian para penikmati kopi khususnya yang tinggal di Jakarta.

    Barista yang ramah, serta konsep coffee shop yang terlihat minimalis sekan memberi kenyamanan lebih bagi pengunjungnya. Dari segi kualitas, One Fifteenth Coffee selalu mengutamakan kualitas biji kopi terbaik, baik biji kopi lokal maupun biji kopi dari luar negeri. 

    Selain itu, di tempat ini juga menggunakan mesin espresso modern dengan merek Lamarzocco Strada dan mesin-mesin kopi manual lainnya seperti Syphon, V60, Chemex, dan Kalita Wave yang mampu menghasilkan minuman kopi istimewa dan nikmat. Baca selengkapnya di sini.

    www.1-15coffee.com

    2. Monolog

    Monolog Quality Coffee Co. terletak ditengah-tengah area parkir Plaza Senayan. Ketika memasuki tempat ini, pengunjung seakan disambut dengan nuansa ketenangan dan kenyamanan yang terlihat pada konsep interiornya yang hadir dengan suasana classic, simple, dengan dominasi material kayu.

    Untuk kualitas kopi di Monolog tidak perlu diragukan lagi, karena salah satu pemiliknya adalah finalis Indonesia Barista Competition. Jadi pengunjung akan mendapat pelayanan istimewa dan disuguhkan kopi berkualitas seperti Schibello yang diracik dengan mesin espresso Conti tipe Twin Star.

    Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di tempat ini yakni selain menyediakan regular coffee, Monolog juga menyajikan kopi decaf untuk para pengunjung yang ingin mengurangi asupan kafein. Baca selengkapnya di sini.

    monolog-coffee.com

    3. Koultoura Coffee

    Melipir ke arah Barat Jakarta, Koultoura Coffee hadir untuk memberikan alternatif baru bagaimana cara menikmati kopi dengan suasana yang nyaman. Bertempat di kawasan greenville, tepatnya di Taman Ratu, Koultoura menyajikan tempat bernuansa seperti gallery dengan beberapa lukisan menarik berbagai ukuran.

    Tidak memiliki ruangan yang besar, tetapi tempat ini dibangun dengan dua lantai sehingga mampu menampung cukup banyak orang yang ingin menikmati secangkir kopi atau hanya sekedar bercengkrama dengan handai taulan.

    Selain design interiornya, tata cahaya di tempat ini juga sangat menarik, tidak heran jika di Koultoura Coffee banyak pengunjung yang mengabadikan momen keceriaan. Hal istimewa yang dihadirkan Koultoura lainnya, mereka memiliki mesin espresso unggulan merek Spirit, di mana mesin ini menjadi mesin yang di mimpikan oleh sejumlah barista seluruh dunia. Baca selengkapnya di sini.

    www.koultouracoffee.com

    4. Pandava Coffee

    Nama coffee shop ini terbilang cukup familiar, karena memang pemilihan namanya terinspirasi dari kata Pandawa yang dibuat lebih modern dengan menggantinya menjadi Pandava. Tempat ini menyajikan kopi dengan cita rasa yang pas untuk para pencinta kopi dengan berbagai jenis coffee dan shake.

    Mulai berdiri sejak Desember 2011, Pandava jauh lebih mengksplore kualitas dan memperkenalkan kopi tradisional yang dikemas secara modern dan menghasilkan cita rasa kopi yang terbaik.

    Biji kopi tradisional masih jadi andalan kedai ini, seperti dari wilayah Sumatera, Sulawesi, Bali, Jawa dan Papua. Untuk suasananya, Pandava memberikan kenyaman yang tidak kalah sempurna dengan coffee shop pada umumnya. Pandava menyajikan konsep urban di sebuah mall ruang terbuka dengan interior unik dan tembok dipenuhi gambar pandawa yang memliki arti di masing-masing gambarnya. Baca selengkapnya di sini.

    pandavacoffee.com

    5. Jakarta Coffee House

    Berlokasi di Jalan Cipete Raya No. 2, Coffee shop yang satu ini datang dengan suasana kental memadukan nuansa country dan gudang kopi yang didominasi oleh dengan furniture kayu. Ruangan cafe yang tidak teralu besar ini dibuat tanpa sekat dengan hiasan berbagai pernik alat seduh kopi dari pour over hingga Royal Belgian Coffee Maker yang membuat Jakarta Coffee House (JCH) semakin menarik.

    Lahir dengan misi untuk mengenalkan kopi lokal kepada penikmat kopi di kota Jakarta sekaligus menghargai kerja keras usaha para petani lokal, Jakarta Coffee House menyediakan berbagai varian kopi Arabica spesial (Arabica Specialty Coffee) dari daerah-daerah di Indonesia. Bagi para pecinta kopi yang menginginkan kopi yang di roast dengan tingkat medium, pengujung bisa memesan jenis minuman yang mereka namai ‘Si Petung’, di mana kopi ini di blend secara spesial yang mengasilkan aroma eksotis dengan sensasi acidity yang menjadi racikan khas JCH.

    Hal menarik dari JCH ini yakni mereka melakukan sendiri proses roasting (menyangrai biji kopi) sehingga mendapatkan biji kopi yang lebih fresh saat dikonsumsi. Bahkan tanggal roasting pun dicantumkan di tiap-tiap kemasan dari biji kopi yang telah di-roasting. Hal tersebut sangat jarang dilakukan oleh kedai kopi lainnya di Jakarta dan menjadi keunggulan dari JCH. Baca selengkapnya di sini.

    www.jakartacoffeehouse.biz

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES