1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     22 Maret 2016 15:28

    Kenapa "Mengkretek" Jari Tangan Itu Nikmat?

    Hati-hati, jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan...

    Feed.merdeka.com - Acungkan tangan jika ini adalah salah satu kebiasaan yang sering Anda lakukan! Membunyikan tangan atau biasa disebut "mengkretek" tangan sering dilakukan karena dianggap bisa melemaskan otot yang kaku.

    Namun, dikutip dari Shefinds.com, kebiasaan ini bisa memicu terjadinya pembengkakkan. Ini karena otot manusia dilindungi oleh membran yang disebut synovial. Membran ini terbentuk seperti kapsul di sekitar ujung tulang. 

    Membran ini sendiri mengandung cairan synovial yang berfungsi sebagai cairan lubrikasi dan untuk menyerap benturan. Ketika Anda "mengkretek" jari-jari tangan, ini menciptakan celah di cairan synovial. Akibatnya, jari-jari Anda bisa bengkak dan kekuatannya bisa jauh berkurang.

    Melansir dari mental floss.com sensasi nikmat yang Anda rasakan setelah bunyi "kretek" itu terjadi karena ada peregangan otot yang akhirnya menstimulasi ujung saraf di jari. Namun ingat, jari Anda tidak boleh "dikretek" lebih dari sekali dalam jeda waktu 15 hingga 30 menit. Ini untuk memberikan waktu pada gas di sekitar tubuh untuk kembali masuk ke cairan synovial.

    Baca juga:

    Kenali Pribadi Anda Lewat Sidik Jari, Berani Coba?

    7 Dampak Memakai Bra Salah Ukuran

    Tahukah Anda Mengapa Cincin Pernikahan Ditaruh di Jari Manis?

    Hanya Wanita Bertubuh Pendek yang Paham 4 Kenikmatan Berikut

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES