1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    18 Mei 2016 14:57

    Jangan Sampai Anak Anda Terpapar Hipertensi, Cegah dengan Cara Ini

    Hipertensi bisa dicegah sejak anak berusia tiga tahun.

    Feed.merdeka.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan hipertensi dapat menyerang anak-anak.

    "Banyak orang menggap bahwa hipertensi hanya ditemukan pada orang dewasa. Padahal peningkatan hipertensi saat dewasa terjadi karena tidak dilakukannya deteksi dini pada masa kanak-kanak," ujar dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP, pakar hipertensi dan pendiri InaSH, saat ditemui dalam acara 'Press Conference World Hypertension Day 2016: Know Your Blood Pressure' di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

    Untuk itu, deteksi dini pada masa kanak-kanak penting dilakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi pada masa dewasa. Seharusnya anak umur lebih dari tiga tahun mulai diperiksakan tekanan darahnya secara rutin.




    Pada bayi baru lahir, hipertensi terjadi karena renal arteri thrombosis atau gumpalan darah di ginjal. Sedangkan pada anak-anak, hipertensi disebabkan oleh kelainan sekunder yaitu kelainan ginjal di jaringan sebanyak 78 persen, kelainan endokrin seperti hipertiroid, hiperakdosterone, obat-obatan, dan penyempitan dada pada aorta.

    Ketika remaja, hipertensi seringkali disebabkan dari faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat."Sebaiknya lebih diperhatikan lagi pola makan dan aktivitas anak sebab kegemukan akibat kurang gerak, asupan makanan yang tinggi garam dapat menyebabkan hipertensi pada anak," ujar dr. Arieska

    Biasakan anak untuk beraktivitas di luar rumah. Jangan biarkan anak terlalu banyak bermain gadget atau menonton televisi yang membuat tubuh anak tidak bergerak. Biasakan memberi anak makanan dengan garam yang cukup rendah.

    "Saat dewasa anak akan terbiasa dengan makanan yang sedikit garam jika orangtua membiasakan sejak kecil," ungkap dr. Arieska.

    Anak dengan hipertensi mempunyai risiko hampir empat kali lebih besar untuk menderita hipertensi pada masa dewasa dibandingkan anak normal. "Hipertensi pada anak memberi dampak pada kesehatan kardiovaskular seperti penyakit jantung atau stroke pada masa dewasa karena pengerasan pembuluh darah telah berlangsung sejak kecil," tambahnya lagi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES