1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    15 Januari 2016 09:09

    Mengapa "Chiropractic" Bisa Sampai Menewaskan Allya Siska?

    Chiropractic secara teori sangat menyehatkan, tapi ketika Allya bisa tewas?

    Feed.merdeka.com - Belakangan ini ramai diberitakan kembali tentang kematian seorang wanita setelah melakukan perawatan chiropractic. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, Allya Siska Nadya (33) menjadi korban malapraktik Klinik Chiropratic First, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Makam Siska yang meninggal pada Agustus tahun 2015 lalu, dibongkar kembali guna keperluan autopsi. Apakah sebenarnya chiropractic tersebut?

    Chiropractic merupakan terapi kesehatan untuk memulihkan, mempertahankan, dan mengoptimalkan kesehatan dengan cara yang alami. Bukan dengan obat-obatan atau operasi. Cara yang dilakukan yaitu dengan memanipulasi tulang belakang dan kerangka tubuh.

    Mengutip dari takingcharge.csh.umn.edu, tulang belakang merupakan struktur penting pada tubuh, dan memberikan perlindungan pada sumsum tulang belakang. Selain itu tugas tulang belakang menjaga pergerakan tubuh bagian atas.

    Karena kedua tugas tersebut, struktur tulang belakang sangat kuat dan fleksibel. Juga mempunyai struktur yang kompleks dan terdapat beberapa sendi pada bagian tulang (vertebra).

    Ketika sendi tersebut tidak di posisi atau berfungsi dengan normal, hal itu dapat memengaruhi saraf tulang belakang. Untuk itu, terapi chiropractic perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi sendi tersebut menjadi normal kembali.

    Selain masalah tersebut, biasanya para pasien chiropractic melakukan terapi untuk menyembuhkan nyeri punggung, sakit kepala, nyeri sendi, keseleo, dan carpal tunnel syndrome -- suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, geli, kelemahan, dan nyeri di tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median, yang ditemukan di pergelangan tangan.

    Perawatan dan penyembuhan dengan chiropractic akan berjalan dengan baik jika ditangani oleh terapis atau disebut chiropractor. Chiropractor yang ahli, memiliki sertifikat, dan berpengalaman. Tetapi jika chiropractor yang Anda pilih tidak jelas, maka Anda akan kehilangan nyawa seperti kasus Siska. Karena tulang belakang sangat berperan penting dalam kesehatan manusia dan akan berakibat buruk jika salah ditangani.

    Baca juga:

    Menakjubkannya Pijat Tui Na, Metode Sederhana Agar Anak Nafsu Makan

    Pijat Tangan Anda di Lima Bagian Ini, Hasilnya Bakal Bikin Anda Tercengang

    Penyebab Sakit Punggung yang Tak Pernah Anda Duga

    7 Spa Rambut Ala Salon di Rumah, Ah Nikmatnya!

    Panduan Mudah Spa Cantik di Rumah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES