1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    17 November 2014 17:55

    Indahnya Ternate, Mistisnya Danau Tolire

    Wisata Indah di Kaki Gunung Gamalama, Ternate.

    Feed.merdeka.com - Mengepung Gunung Gamalama, letak Kota Ternate, Maluku Utara menyimpan sejuta keindahan alam. Tak hanya Gunung Gamalama cerita seru wisata di Ternate. Sebuah danau di sebelah barat pulau cukup membuat penasaran jika mendengar ceritanya.
     
    Danau ini memang bukan danau biasa yang bisa dijadikan tempat tinggal manusia, apalagi memancing ikan karena yang ada buaya jadi-jadian. Masih perawan, Danau Tolire namanya. Danau ini kerap menyimpan banyak cerita unik, bahkan mistis. 
     
    Dibayangi Gunung Gamalama panorama megah Danau Tolire memang berada tepat di kaki gunung. Tak hanya itu, bahkan hijaunya air dan tebing pohon-pohon lebat sekeliling Danau Tolire sangat menciptakan panorama indah nan sejuk. Namun, tahukah anda jika sunyinya danau ini terdapat cerita mistis?
     
    Ya, Danau Tolire memang bukan wadah air untuk kegiatan manusia. Jangankan mencoba berenang merasakan suhu air danau, sebelumnya cobalah anda melemparkan sebuah batu ke danau. 
     
    Apakah batu itu bisa sampai ke permukaan danau?Tidak. Cerita itu sudah ada sejak zaman dahulu. Danau ini sangat misterius. Untuk melempar batu saja ke dalam danau, pelempar seakan berada jauh dari tepi danau dan tidak ada satu pun batu yang bisa mengenai permukaan. 
     
    Tak ada yang tahu kedalaman danau, namun dari tebing danau hingga permukaan diketahui setinggi 100 meter.
     
    Berasal dari cerita rakyat, Danau Tolire terbentuk dari kisah asusila seorang ayah yang menghamili anak gadis kandungnya.
     
    Perlu diketahui, Danau Tolire memiliki dua danau yaitu Danau Tolire besar dan Danau Tolire kecil, jarak kedua danau tersebut 200 meter. Letak kedua danau dari cerita itu tak lain ialah sebuah kampung dan adanya cerita ayah dan anak gadisnya dalam cerita merupakan penyebab terjadinya danau karena kemarahan sang pencipta terhadap kampung, serta ayah dan anak gadisnya saat ingin melarikan diri. 
     
    Tempat berdiri keduanya saat itu ialah dua Danau Tolire Besar yang terlihat indah saat ini. Kejadian itu sendiri diawali sebuah gempa, lalu hadirnya cerita buaya putih yang tak lain diduga ialah perwujudan dari sang ayah, bahkan ratusan warga kampung itu juga telah berubah menjadi buaya putih sebaga menghuni danau. 
     
    Konon katanya juga, Danau Tolire Besar merupakan tempat harta karun Kesultanan Ternate yang pada masa itu, harta-harta Kesultanan dibuang ke danau. Dan ratusan buaya putih itu diyakini rakyat setempat sebagai penjaga harta karun.
     
    Dari semua kisah mistis Danau Tolire, masih terdapat cerita nyata tentang habitat yang hidup di alam sekitar danau. Diketahui, Danau Tolire menjadi rumah habitat burung dari puluhan spesies burung.
     
    Seperti burung Kakatua, Elang, Sriganti, Kuntul dan lainnya betah hidup disekitar danau. Sungguh unik kan cerita danau misterius di kaki Gunung Gamalama ini. 
     
     
    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES