1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    17 November 2014 17:54

    5 Wisata Alam Murah Yang Wajib Dikunjungi

    Buang jauh-jauh jika kamu berpikir objek wisata yang menawarkan keindahan alam perlu biaya sangat mahal. Berikut list wisata alam murah yang wajib dikunjungi.

    Feed - Mengunjungi sejumlah objek wisata alam bisa jadi alternatif yang baik untuk menenangkan pikiran. Menghirup udara sejuk dan bebunyian burung yang menenangkan sangat diidamkan setiap orang khususnya warga ibu kota yang pada umumnya sering berhadapan dengan bangunan beton dan udara berselimut polusi.

    Buang jauh-jauh jika kamu berpikir objek wisata yang menawarkan keindahan alam perlu biaya yang sangat mahal. Tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk menikmati itu semua. Beberapa objek wisata kini mulai dikelola dengan baik dan memperlihatkan pesonanya yang tidak kalah indah dengan wisata alam lainnya. Dari sekian banyak objek wisata alam, berikut list wisata alam murah yang wajib dikunjungi.

    1.Camping Rancaupas, Ciwidey

    Bumi Perkemahan Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung ini punya pesona yang luar biasa indah. Tempat ini menawarkan banyak pilihan yang bisa dijadikan untuk tempat liburan bersama keluarga atau teman sebaya. Memiliki keseluruhan wilayah 215 ha, Rancaupas memberikan hawa yang sejuk dengan suhu antara (18-23° C), panorama alam perbukitan yang hijau di sekitarnya. Pengunjung akan dimanjakan dengan tumbuh suburnya flora seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang.

    Fasilitias yang membuat tempat ini istimewa yakni pengunjung akan disediakan perkemahan yang menjadi produk wisata utama Rancaupas. Lokasinya tertata dengan sangat baik dan bersih, sehingga ativitas berkemah akan terasa sangat nyaman. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan penangkalan rusa dengan keindahan padang rumput yang luas membentang dengan latar pepohonan hijau dan pegunungan.

    Untuk biaya yang diperlukan menikmati indahnya Rancaupas, pengunjung ahanya butuh mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp. 10 ribu dan Rp. 25 ribu sampai Rp 400 ribu untuk penyewaan tenda. Baca selengkapnya di sini.

    2. Taman wisata hutan Mangrove, PIK

    Di tengah menjulangnya gedung tinggi di beberapa titik pusat Jakarta, ternyata ibu kota tercinta ini juga menyimpan pesonanya di Barat Jakarta. Dalam waktu yang cukup singkat, taman wisata hutan Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk ini ramai dikunjungi sejumlah orang untuk sekedar melepaskan lelah menghadapi kerasnya Jakarta.

    Disini kamu bisa menikmati hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba serunya naik kano atau perahu tanpa didampingi oleh pemandu. Hanya dengan mengeluarkan Rp 50 ribu untuk sewa perahu, pengunjung bisa mendayung keliling danau sambil menikmati indahnya bakau selama 40 menit.

    Taman wisata ini juga menyediakan tempat penginapan berupa tenda terbuat dari kayu denga pemandangan langsung menghadap ke hutan mangrove. Pengunjung dijamin akan merasa bahwa taman wisata ini serasa bukan seperti berada di Jakarta, karena memang keindahan seperti ini sangat sulit ditemukan di tengah serangan gedung tinggi. Spot untuk mengabadikan momen juga banyak ditemukan di sini, salah satunya jalan setapaka yang cukup panjang yang ditutupi oleh pepohan rindang layaknya di film-film Hollywood. Baca selengkapnya di sini.

    3. Bumi perkemahan Sukamantri

    Tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk merasakan nikmatnya berkemah ditengah hutan dengan hamparan pepohan rindang dan hijau. Cukup menuju bawah kaki gunung salak, Eko Wisata Alam Sukamantri memberikan pemandangan alam yang sungguh memanjakan mata dengan hamparan padang rumput yang hijau serta barisan bukit yang menjulang.

    Bagi pengunjung yang hobi dengan fotografi tidah perlu khawatir, di tempat ini seakan menjadi surganya, karena cukup banyak objek menari yang dpat dijadikan koleksi gallery foto kamu. Yang membuat tempat ini menakjubkan lagi yaitu ketika matahari sudah mulai terbenam, di mana pengunjung bisa menyaksikan indah kota Bogor dengan lampu-lampunya yang berkilauan, bak bintang yang berwarna-warni.

    Di sini juga dapat menikmati indahnya air terjun yang berada tak terlalu jauh di sisi Timur Wisata Alam Sukamantri yang diberi nama Air Terjun Suryakencana. Memiliki ketinggian sekitar 10 meter, pengunjung bisa merasakan segarnya air terjun yang memiliki debit air cukup besar ditambah lukisan alam yang menakjubkan. Untuk menuju kawasan ini tidak terlalu rumit, hanya dengan menggunakan angkutan umum dan ojek yang dikenakan biaya Rp 25 ribu. Lalu bagaimana dengan biaya masuk Eko Wisata Alam Sukamantri? Biaya masuk relatif sangat murah, tiket masuk hanya sebesar Rp.3.500 per orang. Baca selengkapnya di sini.

    4.Hutan Lindung Sungai Wain

    Hutan ini merupakan salah satu objek wisata unggulan Kota Balikpapan. Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) merupakan gambaran dari hutan tropis yang masih 'Virgin'. Secara Geografis HLSW terletak di 116º 47’ – 116º 55’ Bujur Timur dan 01º 02’ – 01º 10’ Lintang Selatan. Merupakan kombinasi antara hutan primer (hutan asli) dan hutan sekunder, hutan buatan pengganti hutan yang terbakar di tahun 1997/1998.

    Udara segar dan bersih tercium, saat memasuki kawasaan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang terletak 15 kilometer dari pusat kota Balikpapan ini. Pohon besar menjulang yang dominan di hutan ini antara lain Bangkirai, (Shorea Laevis), Ulin (eusideroroxylon zwageri) dan Gaharu (aquilaria malaccensis) seakan menyambut ketika memasuki kawasan HLSW. Objek wisata ini menjadi favorit karena pengunjung dapat bertemu langsung dengan beberapa fauna yang jarang ditemui saat di kota seperti orangutan, beruang, burung, ikan, kera, dan lain lain. Baca selengkapnya di sini.

    5.Tanakita - Five Stars Camp

    Tempat berkemah yang satu ini cocok banget buat yang ingin merasakan camping di belantara hutan dan rindangnya pepohonan tetapi tidak ingin direpotkan dengan membawa sejumlah perlengkapan. Tanakita 5 Stars Camp, Situ Gunung, Sukabumi mampu mneyediakan itu semua, kita tidak perlu membawa tenda dengan segala kerepotannya, cukup membawa diri karena semua fasilitas sudah disediakan di tempat ini. Mulai dari tenda, makanan, dan toilet.

    Suasana pegunungan sudah terasa saat memasuki kawasan yang lokasinya bersebalahan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kabut dan hawa dingin sudah menjadi ciri khas suasana alam di sini. Tetapi jangan khawatir di dalam tenda sudah disediakan tempat tidur yang nyaman dengan sleeping bag untuk mengusir dingin.

    Ada berbagai jenis kegiatan outbound yang bisa dilakukan ersama sanak saudara mulai dari meniti tali sampai flying fox. Dan, yang paling seru adalah Tubing di Sungai Cigunung. Harga untuk menginap di Tanakita adalah Rp 550.000 untuk keluarga dan individu yang sudah termasuk untuk biaya makan. Baca selengkapnya di sini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES