1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     29 Januari 2016 11:38

    Stop Lakukan Perawatan Kulit Saat Hamil, Kecantikan Anda Taruhannya

    Sabar saja dulu, masalah kulit Anda akan tuntas selepas melahirkan.

    Feed.merdeka.com - Selama masa kehamilan banyak sekali perubahan yang dialami wanita. Tidak hanya berat badan namun perubahan dapat terjadi pada kulit. 

    Bintik-bintik coklat pada wajah, kulit menjadi gelap, jerawat di wajah serta warna gelap pada bagian leher keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Masalah kulit ini disebabkan pengaruh hormon progesteron dan esterogen yang terdapat pada sel melanin dalam kulit.

    "Permasalahan kulit pada ibu hamil disebabkan pengaruh hormon dan perubahan pigmen," ujar dr. Kardiana Purnama, spkk, dokter kulit saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

    Dr. Kardiana menjelaskan bahwa kulit pada ibu hamil sangat sensitif, untuk itu Anda harus berhati-hati dalam perawatannya. Lebih baik tunggu sampai masa kehamilan selesai untuk perawatan kulit agar tidak berisiko iritasi pada kulit. Namun, jika jerawat di wajah terlalu banyak, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kult.

    "Masalah kulit saat hamil memang biasa terjadi, kulit akan kembali seperti semula selesai masa kehamilan," ungkap dr Kardiana.

    Jangan mencoba-coba perawatan rumahan sebab malah akan menyebabkan kulit kemerahan karena iritasi. Namun jika wajah Anda sangat kering, cukup gunakan pelembap. Sebab, muka harus tetatp lembab agar tidak terlihat kusam.

    Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada pagi hari dan krim malam untuk mengangkat sel kulit yang mati. "Jangan sembarangan mencoba pengobatan rumah seperti menggunakan masker buah sebab kulit saat hamil sangat sensitif malah menyebabkan iritasi," tambah dr Kardiana.

    Baca Juga:

    Hati-Hati Bila Anak Anda Mulai Malas Makan, Kemungkinan Dia.....

    Pentingnya Pengecekan Virus HIV pada Masa Kehamilan

    Gejala Kehamilan Kedua, Apakah Anda Mengalaminya?

    Bahaya Produk Kecantikan bagi Kehamilan

    Cara Menjaga Kehamilan ala Zaskia Adya Mecca

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES