1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    20 Mei 2015 11:58

    Geger Makanan Palsu, Dari Tahu Sampai Beras Plastik

    Negara ini handal menduplikasi berbagai jenis barang. Mulai dari elektronik, pakaian, bahkan makanan.

    Feed - Tiongkok dikenal dengan banyak hal. Untuk bidang pariwisata Tembok China masih jadi jagoan negara ini untuk menyedot banyak wisatawan.

    Tapi di luar itu, negara yang punya julukan negeri tirai bambu ini juga diketahui sebagai negara yang handal menduplikasi berbagai jenis barang. Mulai dari elektronik, pakaian, bahkan makanan. Parahnya, salah satu makanan palsu asal Negeri Bambu itu sudah sampai Indonesia. Apa saja itu? Simak daftar lengkapnya seperti dikutip listverse.com.

    1. Tahu kimia

    via listverse.com

    Tahu adalah makanan populer di Tiongkok maupun Indonesia. Namun, beberapa waktu lalu, pihak kepolisian di Tiongkok baru saja menutup dua pabrik tahu di Wuhan, Provinsi Hubei, yang menjual tahu palsu dengan campuran berbagai bahan kimia. Seorang pekerja mengaku bahwa protein kedelai dicapur dengan tepung, kemudian ditambahkan zat kimia monosodium glutamate, pigmen, dan es untuk membuat tahu palsu.

    2. Roti dari kardus

    via listverse.com

    Sulit dibayangkan jika roti terbuat dari bahan dasar kardus. Namun di Tiongkok, itu semua bisa terjadi. Roti kardus yang terbuat dari potongan karton dicampur dengan bahan kimia dan rasa daging babi.

    Pertama, kardus dicampur dengan soda kaustik yang sering digunakan dalam produksi sabun. Setelah itu, kardus dipotong-potong terlebih dulu sebelum dicampur dengan daging babi. Namun pemerintah China mengelak dan mengatakan bahwa video tersebut adalah rekayasa. Para wartawan yang mendokumentasikan proses pembuatan roti kardus itu ditangkap dan kasus ini kemudian ditutup.

    3. Mie palsu

    via listverse.com

    Di Tiongkok, mie juga bisa dipalsukan. Mie ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang sudah busuk, basi, dan berjamur yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak. Fatalnya, untuk membuat tampilan mie terlihat nyata layaknya makanan sungguhan, pedagang menggunakan beberapa zat kimia seperrti sulfur dioksida yang bisa menyebabkan kanker.

    4. Beras palsu

    via iberita.com

    Tak bisa dianulir, kalau nasi adalah makanan pokok baik di Tiongkok maupun di Indonesia. Tapi bagaimana jika beras yang menjadi bahan dasar nasi dipalsukan?

    Beras palsu ini terbuat dari kentang, ketela rambat, dan bahan sintetis resin. Biasanya beras palsu dijual di pasar Cina, terutama di Taiyuan di Provinsi Shaanxi. Celakanya, beras palsu ini diduga sudah sampai di tanah air dan beredar di kawasan Bekasi. Jika mengonsumsi beras palsu ini cukup fatal akibatnya, Anda bisa muntah-muntah, diare, bahkan kanker.

    Untuk mengenali beras asli dan palsu, Anda harus paham betul dan pandai untuk membedakannya. Seperti dikutip dari dream.co.id, beras asli akan menyerap air dan punya tekstur beras yang lembut dan akan mengeras saat dimasak tanpa mengurangi kelembutannya. Sedangkan untuk beras palsu, beras lembek dan semakin mengeras.

    Baca juga: Jangan Taruh 8 Makanan Ini Ke Dalam Kulkas

    Makanan Indonesia yang Sudah Mendunia

    Daftar Makanan Paling Bikin Gemuk

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES