1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    28 September 2016 14:40

    Begini Cara Ajarkan Anak Mudah Bersosialisasi Sesuai Usianya

    Jangan sampai dia tidak paham cara bergaul.

    Feed.merdeka.com - Selain memerhatikan asupan gizi seimbang bagi anak, orang tua diwajibkan untuk mengajari anak keterampilan sosial. Keterampilan disebut ini akan membuatnya mudah bergaul dengan teman sebaya atau yang lebih tua.

    Selain itu, keterampilan sosial akan mengajarkan berteman dan bekerja sama, peduli tehadap teman yang sakit, menyelesaikan pertengkaran, dan sabar mengikuti aturan.

    "Anak akan mudah diterima siapaun jika memiliki keterampilan sosial. Anak lebih bisa menyelesaikan masalah dengan orang lain, mengurangi kesulitan di sekolah, bahkan anak lebih semangat bersekolah yang akan berprestasi secara optimal," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

    Ilustrasi anak
    © 2016 feed.id/Pixabay

    Anna menjelaskan, Anda dapat mengajarkan anak mudah bersosialisasi sesuai umurnya. Untuk anak satu tiga tahun, Anda harus sensitif pada kebutuhan anak, perbanyak bertemu anak seusianya, tapi jangan memaksanya bergaul.

    Ajak saja mengamati, dan tegas apabila dia memukul oranglain, serta mengajak minta maaf walau dia belum sadar. "Jika anak marah sebaiknya peluk dulu ajak bicara dan ungkapan pikiran, bantu kasih kata kata mewakili perasaan misal 'Kamu lagi sedih ya, mainan rusak'," ujar Anna.

    Sedangkan untuk anak usia empat sampai enam tahun, beri banyak kesempatan bermain dengan teman seusianya. Berikan juga padanya petunjuk cara selesaikan pertengkaran, tapi biarkan ia mencoba sendiri.

    Untuk mempermudah, cobalah buat drama-dramaan di rumah untuk ajarkan etiket dan cara bergaul. Ajari anak mengantre, bergiliran, berbagi, bertukar, ajak teman main ke rumah atau anak main ke rumah teman. Tegas terhadap kekerasan seperti memukul, merebut, mengajak, menjauhi teman.

    Baca juga:

    Sifat Nastusha, Anak Chelsea-Glenn Berdasarkan Tanggal Lahir Serba 9

    Begini Cara Zee Zee Shahab Mengajarkan Anak Bergaul

    Tips Widi Mulia Atasi Kecelakaan Kecil Pada Anak

    Derita Dewi Rezer Jadi Janda: Rindu Tak Kesampaian pada Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES