1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     26 Februari 2016 15:16

    Arti Warna Darah Saat Menstruasi

    Berikut arti warna darah selama masa menstruasi, apa warna darah Anda?

    Feed.merdeka.com - Menstruasi merupakan bagian normal dari kehidupan seorang wanita. Tamu yang setiap bulan datang ini terjadi karena penumpahan siklus dari dinding rahim yang berlangsung selama tujuh hingga 14 hari. Biasanya seorang wanita akan mengalami kram perut, sakit kepala serta gangguan perut bahkan sembelit saat masa mestruasi.

    Ketika darah menstruasi mengalir keluar dari tubuh di masa awal mestruasi, darah akan berwarna merah pekat. Jika menstruasi akan berakhir warna berubah menjadi lebih meraj muda. Namun, terkadang, sebagian besar wanita memiliki warna darah hitam atau coklat. Perbedaan inilah yang membuat kaum wanita khawatir.

    Menurut para ahli, darah haid berwarna gelap menunjukkan bahwa aliran darah yang keluar dari tubuh sangat lambat. untuk itu, berikut arti warna saat Anda sedang menstruasi agar Anda dapat mengetahui apakah tidak ada gangguan kesehatan.

    1. Coklat
    Warna darah coklat gelap menandakan darah sudah tidak segar. Kemungkinan darah ini sudah disimpan di dalam rahim cukup lama dan membutuhkan waktu yang lama lebih lama untuk keluar. Jenis darah biasanya terlihat pagi.

    2. Merah menyala
    Darah ini baru saja keluar dari tubuh. Jenis aliran darah ini sangat ringan dan bisa ditemukan pada haid yang sedang dilepaskan dengan cepat. Sehingga tidak ada waktu bagi darah untuk menjadi kering dan berubah warna.

    3. Merah muda
    Warna haid ini menandakan haid Anda sehat untuk jangka waktu tertentu. Biasanya warna ini terlihat pada hari kedua.

    4. Hitam dan abu-abu
    Warna ini cukup mengkhawatirkan dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Warna abu-abu atau hitam mengacu pada keguguran atau infeksi pada rahim. Namun, darah mesntruasi berwarna ini terlihat selama empat hari tidak perlu dikhawatirkan karena kemungkinan itu hanya pembekuan darah.

    5. Orange
    Warna ini terlihat ketika darah bercampur dengan cairan dari leher rahim. Namun, darah berwarna oranye cerah juga menunjukkan infeksi. Jadi, jika Anda telah menemukan warna darah Anda seperti ini saat haid, berkonsultasilah dengan dokter dan tidak mengabaikannya.

    Baca juga:

    Tips Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi

    5 Trik Alami untuk Mempercepat Durasi Menstruasi

    Segera Lupakan Mitos-Mitos Menstruasi Ini

    Tiga Jenis Buah Pereda Nyeri Saat Menstruasi

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES