1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    27 Mei 2015 09:52

    Air Mineral vs Minuman Berenergi, Mana Lebih Sehat?

    Mana yang lebih sehat?

    Feed - Banyak yang percaya, air mineral merupakan pendongkrak stamina yang paling baik setelah olah raga. Sebaliknya, beberapa atlet beranggapan bahwa minuman bernergi adalah minuman yang pas untuk mengembalikan performa tubuh.

    Namun, seperti dikutip healthmeup.com, senior ahli diet, Sunita Roy Chowdhary mengatakan tentang perbedaan air mineral dan minuman berenergi. Sekaligus minuman mana yang lebih baik untuk kesehatan. 

    Air putih

    via losingweightwithapersonaltrainer.com

    Secara luas, air mineral adalah minuman paling populer selama melakukan olah raga. Tetapi, air mineral dapat menyebabkan perut kembung yang akan menekan rasa haus dan memiliki keinginan untuk terus minum. Selain itu, air mineral juga tidak mengandung karbohidrat atau elektrolit dan juga meningkatkan output urin.

    Minuman berenergi

    via rheinefattah

    Dibanding dengan air mineral, minuman berenergi melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mengatasi masalah hidrasi. Hal itu terjadi karena minuman jenis minuman ini memiliki daya serap yang baik dari kandungan isotonik di dalamnya. Cairan isotonik punya peran penting untuk menggantikan cairan yang hilang oleh keringat dan menyediakan dorongan dari karbohidrat.

    Jus

    via bostonmagazine.com

    Jus hipertonik adalah jus yang memiliki banyak kandungan karbohidrat atau glukosa. Minuman jenis ini memang termasuk minuman bergizi, tapi bukan pilihan yang tepat untuk atasi masalah hidrasi. Fruktosa atau gula dalam buah mengurangi tingkat penyerapan air sehingga sel-sel tidak mendapatkan mengembalikan ion dengan cepat.

    Minuman berkarbonasi

    via uniqpost.com

    Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan dehidrasi. Mereka memiliki kandungan kafein dan punya efek diuretik yang mampu meningkatkan pengeluaran urin. Selain itu, minuman ini bisa menimbulkan efek kembung dan memberikan perasaan kenyang, sehingga dapat menghambat mekanisme haus secara alami.

    Lalu mana yang lebih baik dan sehat? Jika Anda melakukan olah raga berat, dianjurkan untuk meminum minuman yang mengandung cairan isotonik untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang. Namun, jika Anda hanya melakukan olah raga ringan, air mineral bisa jadi pilihan terbaik untuk sumber hidrasi.

    Baca juga: 3 Minuman Segar Bagi Penderita Diabetes

    Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga

    Deretan Olahraga Paling Aneh di Dunia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES