1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    17 Maret 2015 13:00

    7 Makanan Peningkat Daya Ingat

    Bahan-bahan organik ini dipercaya bisa meningkatkan daya ingat manusia.

    Feed - Lupa jadi satu hal yang bisa maklumi. Kadang kita lupa dengan barang yang kita letakkan atau kita lupa dengan nama seseorang yang baru saja kita kenal. Meski terdengar sepele, banyak orang yang mengalami beberapa kerugian akibat hilangnya daya ingat. Beruntungnya, para peneliti menemukan bahan-bahan organik yang dipercaya bisa meningkatkan daya ingat manusia. Berikut daftarnya seperti dilansir Yahoo Health.

    1. Salmon

    via bhg.com

    Seseorang yang gemar mengonsumsi ikan setidaknya sekali dalam satu minggu memiliki penurunan memori 12 persen lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak makan ikan. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan seperi salmon dan sarden bisa membentengi tubuh dari penyakit Alzheimer.

    2. Kari

    via tripadvisor.co.uk

    Para peneliti telah menemukan bahwa kurkumin, bahan utama yang terkandung dalam kunyit dan kari bubuk, bisa memperlambat pembentukan endapan plak dan menghancurkan akumulasi dalam otak. Kari juga telah terbukti membantu mencegah kanker dan penyakit jantung dari kandungan kurkumin di dalamnya.

    3. Blueberry dan anggur

    via greenplaterule.com

    Buah berry dan sayuran mengandung senyawa penting untuk mengoptimalkan dan menolak penurunan daya ingat saat usia tua. Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang minum jus blueberry dan anggur setiap hari selama dua bulan dapat meningkatkan kinerja daya ingat.

    4. Buah bit

    via sharingdisana.com

    Mendengar nama buah ini mungkin akan terasa asing di telinga. Tetapi buah ini punya kandungan nitrat yang berfungsi meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan mental seseorang dan daya ingat.

    5. Bayam

    via majalahbidan.com

    Sayuran hijau seperti bayam mengandung antioksidan dan kaya akan asam folat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya asam folat dapat meningkatkan memori dan meningkatkan aliran darah ke otak.

    6. Kopi

    via lensza.co.id

    Para peneliti dari University of Innsbruck di Austria menemukan bahwa kafein setara sekitar dua cangkir kopi peningkatan aktivitas otak ada kaitannya dengan daya ingat. Hal itu juga dibenarkan dari hasil sebuah studi di Institut Nasional Perancis yang menemukan bahwa wanita yang minum tiga atau lebih cangkir kopi dalam sehari lebih baik dalam mengingat kata-kata daripada wanita tidak meminum kopi.

    7. Coklat

    via pixgood.com

    Jika Anda tidak suka kopi, Anda bisa menukarnya dengan segelas coklat hangat untuk membantu daya ingat Anda. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa orang dewasa yang yang minum dua cangkir coklat setiap hari selama satu bulan bisa meningkat aliran darah ke otak dan punya kemampuan lebih dalam mengingat sesuatu.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES