1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    26 Oktober 2015 11:28

    5 Makanan Penangkal Stres Paling Manjur

    Beranjaklah ke dapur atau ke toko terdekat untuk mengasup lima makanan ini.

    Feed - Bagaimana kondisi mood Anda hari ini? Apakah tekanan hidup sudah mulai merasuk dan membuat hari Anda terasa stres? Tenang saja, ambil dan embuskan napas dengan perlahan. Setelah sudah mulai agak tenang, beranjaklah ke dapur atau ke toko terdekat untuk mengasup lima makanan ini.

    (Baca juga: Makanan Segar vs Makanan Dingin, Mana Lebih Sehat?)

    Dikutip dari Boldsky.com, ketika stres, tubuh kita meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Kortisol inilah yang meningkatkan keinginan untuk makan. Namun, seseorang yang stres harus memakan nutrisi yang tepat agar bisa membantu melawan semua depresi diri. Malah, makan dianjurkan karena bisa berfungsi sebagai taktik pengalih perhatian dari penyebab stres itu sendiri.

    (Baca juga: 8 Makanan Pereda Sakit Warisan Nenek Moyang Kita)

    Pastikan saja makanan yang Anda asup bukanlah makanan cepat saji yang bisa melunturkan kesehatan. Sebaliknya, inilah makanan yang akan sangat membantu Anda melawan stres yang melanda diri:

    1. Jeruk
    Vitamin C yang hadir di dalam jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa jeruk mengurangi tingkat kortisol yang dapat menurunkan tingkat stres. Selain itu, aroma jeruk memiliki efek menenangkan.

    2. Mangga
    Mengonsumsi mangga akan membantu dalam meningkatkan fungsi otak dan juga mencegah masalah pada mata. Anti-oksidan dan vitamin C yang hadir di mangga membantu untuk melawan penyakit jantung dan menjaga kulit Anda sehat.

    (Baca juga: Ayo, Variasikan Es Teh Anda dengan 8 Resep Ini)

    3. Ikan
    Omega-3 dapat ditemukan pada ikan yang membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Hormon ini membantu dalam menurunkan tingkat stres dan penyakit jantung. Hal ini juga menurunkan tingkat kecemasan di dalam tubuh.

    4. Cokelat
    Makan cokelat hitam lebih sehat daripada meminum segelas susu. Cokelat ini juga dapat menekan kadar kortisol dalam tubuh. Tambahan lainnya adalah pelepasan hormon endorfin yang mampu memicu rasa bahagia.

    (Baca juga: Wanita, Sambutlah 7 Cokelat Paling Sehat Berikut)

    5. Oatmeal
    Oatmeal ini adalah salah satu pilihan terbaik makanan sehat. Oatmeal membuat Anda kenyang, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan daya pencernaan Anda. Hormon serotonin juga turut dilepaskan dalam tubuh dan membantu dalam mengurangi stres. (Anisha Saktian.P/Zika Zakiya)

    Baca juga:

    5 Makanan Ini Ampuh Usir Kanker Ovarium

    Mimpi Punya Perut Rata? Konsumsi 5 Makanan Ini

    6 Makanan Ini “Beracun” Jika Dipanaskan Lagi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES