1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    30 November 2015 13:00

    4 Cara Menyambut Bayi yang Baru Lahir di Rumah

    Selain perlengkapan bayi, ada empat hal yang Anda harus perhatikan dalam mempersiapkan kedatangannya.

    Feed- Kehamilan merupakan kabar membahagiakan untuk setiap keluarga. Menantikan kehadirahan sang buah hati menjadi hal yang yang menggembirakan. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut si kecil menjadi anggota baru dalam keluarga. Seperti peralatan bayi, pendidikan, serta asupan gizinya.

    Selain itu, emosi salah satu hal terpenting yang perlu disiapkan. Sebab, Anda akan mendapatkan tantangan baru dalam mengasuh anak. Membangun komunikasi bersama pasangan untuk mengasuh adalah hal yang baik pula. Berikut beberapa persiapan lainnya untuk menyambut si kecil, seperti yang dilansir familyshare.com.

    via: pregnancyandbaby.com

    1. Siapkan emosi
    Anda akan mengalami emosi positif dan negatif ketika bayi datang. Anda dan pasangan pasti memiliki perbedaan dalam mengasuh anak. Mungkin Anda merasa tidak siap, gugup, atau takut saat si kecil lahir ke dunia. Siapkan diri Anda untuk mengkomunikasikan pikiran dan perasaan bersama pasangan agar menjadi orangtua yang lebih siap.

    2. Kuatkan ikatan pernikahan
    Kelahiran bayi di rumah akan melahirkan macam emosi yang ringkih. Ada bayi yang butuh ibu dan suami yang butuh istri. Maka itu kuatkan ikatan pernikahan dan mulailah meredam emosi diri. Bila perlu, buat rencana bersama agar semua anggota keluarga bisa menikmati waktu kebersamaan. 

    via: allparenting.com

    3. Asah keterampilan diri
    Meskipun anak Anda masih kecil, kebutuhannya sangat banyak. Siapakan kebutuhan bayi dari malam untuk kebutuhan pagi hari agar tidur Anda tidak terganggu. Dr. Harvey Karp, penulis buku The Happiest Baby on the Block mengatakan bahwa ada empat prinsip dasar mendiamkan anak saat menangis. Di antaranya, mendiamkannya, digendong sambil diayun, ajak tertawa, dan berikan susu.

    4. Siapakan rumah Anda
    Mulai dari tersedak, keracunan mainan, terluka ketika jatuh. Oleh karenanya Anda harus menyimpan kotak P3K untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di rumah. Selain itu jangan lupa lakukan pemeriksaan rumah untuk menyambut kedatangan bayi di rumah. Dengan demikian kecelakaan dan kelalaian bisa terhindari. (zzu).

    Baca Juga:

    Trik Menajamkan Daya Ingat Anak

    Anak Akan Selalu Mengingat 7 Hal Ini dari Anda

    Bahaya Anak Mengonsumsi Produk Turunan Beras

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES